Repo Dosen ULM

MODEL BLENDED LEARNING GAWI MANUNTUNG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Show simple item record

dc.contributor.author Agusta, Akhmad Riandy
dc.contributor.author Suriansyah, Ahmad
dc.contributor.author Setyosari, Punaji
dc.date.accessioned 2024-06-19T07:09:03Z
dc.date.available 2024-06-19T07:09:03Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.citation Agusta, A. R., Suriansyah, A., & Setyosari, P. (2021). Model Blended Learning Gawi Manuntung untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 63-89. en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34815
dc.description.abstract Penelitian ini menjabarkan tentang efektivitas model blended learning GAWI MANUNTUNG untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan kombinasi metode penelitian yang terdiri dari metode penelitian pengembangan yang dikembangkan Borg and Gall dan metode penelitian eksperimen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sequential data analysis untuk mengetahui kelayakan model, untuk menganalisis keefektifan model terhadap variabel terikat melalui uji Two sample t-Test dan uji N-gain. Sampel penelitian adalah siswa SDN Karang Mekar 1 Banjarmasin berjumlah 40 orang. Hasil penelitian diperoleh (1) langkah model GAWI MANUNTUNG meliputi: Group, Analysis and observation, Wondering observation result, Intensive data collection, Making experiment on outdoor, Analysis the result by Negotiation of solution, Using Technology, Necessity intelligences development, Task Product Creation, Unity on presentation and role play, Network Tournament and Games dengan skor validasi 4,43 dan persentase validitas 87,19% yang bermakna model GAWI MANUNTUNG memenuhi kriteria valid, reliabel, dan layak untuk diimplementasikan, (2) Setelah enam kali pertemuan, model GAWI MANUNTUNG mampu meningkatkan meningkatkan keterampilan berpikir kritis sebesar 100%, berpikir kreatif sebesar 90%, memecahkan masalah sebesar 90%, berpikir logis sebesar 85% dan berpikir analitis sebesar 90%. Dapat disimpulkan bahwa model blended learning GAWI MANUNTUNG layak untuk digunakan dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Journal of Economic Education and Entrepreneurship en_US
dc.subject Model Pembelajaran, Blended Learning, GAWI MANUNTUNG, Berpikir Tingkat Tinggi, Sekolah Dasar en_US
dc.title MODEL BLENDED LEARNING GAWI MANUNTUNG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account