dc.contributor.author |
Suyidno, Suyidno |
|
dc.contributor.author |
Fitriyani, Fitriyani |
|
dc.contributor.author |
Miriam, Sarah |
|
dc.contributor.author |
Mahtari, Saidah |
|
dc.contributor.author |
Siswanto, Joko |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-19T01:31:05Z |
|
dc.date.available |
2024-06-19T01:31:05Z |
|
dc.date.issued |
2022-09-30 |
|
dc.identifier.citation |
Suyidno, S., Fitriyani, F., Miriam, S., Mahtari, S., & Siswanto, J. (2022). STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi sains siswa di era industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 163-170. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.11402 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2086-2407 (print) |
|
dc.identifier.issn |
2549-886X (online) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34702 |
|
dc.description |
Artikel ini sudah melalui tahapan submit, revisi sesuai saran reviewer, dan publised |
en_US |
dc.description.abstract |
Di era industri 4.0; literasi STEM berperan penting dalam inovasi sains dan produk teknologi, namun literasi tersebut kurang dilatih di sekolah. Oleh karena itu, artikel ini akan menganalisis kelayakan STEM-Problem Based Learning (STEM-PBL) dalam meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba pada 23 siswa kelas X SMA di Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu beraktivitas STEM-PBL pada setiap pertemuan dengan baik dan memberikan respons positif terhadap aktivitas tersebut. Selain itu, peningkatan literasi sains siswa dalam kriteria tinggi (26%) dan sedang (61%). Meskipun ada 13% siswa dalam kriteria rendah, namun secara keseluruhan mengalami peningkatan literasi sainsnya. Demikian, STEM-PBL termasuk layak digunakan untuk memaksimalkan literasi sains siswa di era industri 4.0 |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
13;2 |
|
dc.subject |
Literasi sains, problem based learning, STEM |
en_US |
dc.title |
Korespondensi: STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |