Repo Dosen ULM

Hasil Cek Plagiasi: STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0

Show simple item record

dc.contributor.author Suyidno, Suyidno
dc.contributor.author Fitriyani, Fitriyani
dc.contributor.author Miriam, Sarah
dc.contributor.author Mahtari, Saidah
dc.contributor.author Siswanto, Joko
dc.date.accessioned 2024-06-19T01:30:57Z
dc.date.available 2024-06-19T01:30:57Z
dc.date.issued 2022-09-30
dc.identifier.citation Suyidno, S., Fitriyani, F., Miriam, S., Mahtari, S., & Siswanto, J. (2022). STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi sains siswa di era industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 163-170. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.11402 en_US
dc.identifier.issn 2086-2407 (print)
dc.identifier.issn 2549-886X (online)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34701
dc.description Artikel ini dipublikasi di jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (Sinta 3) dan hasil cek similiarity indeks 19% en_US
dc.description.abstract Di era industri 4.0; literasi STEM berperan penting dalam inovasi sains dan produk teknologi, namun literasi tersebut kurang dilatih di sekolah. Oleh karena itu, artikel ini akan menganalisis kelayakan STEM-Problem Based Learning (STEM-PBL) dalam meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba pada 23 siswa kelas X SMA di Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu beraktivitas STEM-PBL pada setiap pertemuan dengan baik dan memberikan respons positif terhadap aktivitas tersebut. Selain itu, peningkatan literasi sains siswa dalam kriteria tinggi (26%) dan sedang (61%). Meskipun ada 13% siswa dalam kriteria rendah, namun secara keseluruhan mengalami peningkatan literasi sainsnya. Demikian, STEM-PBL termasuk layak digunakan untuk memaksimalkan literasi sains siswa di era industri 4.0 en_US
dc.description.sponsorship Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang en_US
dc.relation.ispartofseries 13;2
dc.subject Literasi sains, problem based learning, STEM en_US
dc.title Hasil Cek Plagiasi: STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account