dc.contributor.author |
Suyidno, Suyidno |
|
dc.contributor.author |
Maharani, Khairunnisa |
|
dc.contributor.author |
Mahtari, Saidah |
|
dc.contributor.author |
Salam, Abdul |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-19T01:30:40Z |
|
dc.date.available |
2024-06-19T01:30:40Z |
|
dc.date.issued |
2024-04-05 |
|
dc.identifier.citation |
Suyidno, S., Maharani, K., Mahtari, S., & Salam, A. (2024, April). Correlation between scientific creativity and students’ science attitude in Creative Responsibility-Based Learning integrated STEM from the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3058, No. 1). AIP Publishing. |
en_US |
dc.identifier.issn |
1551-7616 (print) |
|
dc.identifier.issn |
0094-243X (online) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34699 |
|
dc.description |
Artikel ini dpublikasikan di AIP Conference Proceedings (Scopus Q4). Hasil cek similiarity indeks 11% |
en_US |
dc.description.abstract |
Di era industri 4.0; literasi STEM berperan penting dalam inovasi sains dan produk teknologi, namun literasi tersebut kurang dilatih di sekolah. Oleh karena itu, artikel ini akan menganalisis kelayakan STEM-Problem Based Learning (STEM-PBL) dalam meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba pada 23 siswa kelas X SMA di Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu beraktivitas STEM-PBL pada setiap pertemuan dengan baik dan memberikan respons positif terhadap aktivitas tersebut. Selain itu, peningkatan literasi sains siswa dalam kriteria tinggi (26%) dan sedang (61%). Meskipun ada 13% siswa dalam kriteria rendah, namun secara keseluruhan mengalami peningkatan literasi sainsnya. Demikian, STEM-PBL termasuk layak digunakan untuk memaksimalkan literasi sains siswa di era industri 4.0 |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
AIP Publishing |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
3058;1 |
|
dc.subject |
Covid-19 Pandemic, Creative Responsibility-Based Learning, Scientific Creativity, Science Attitude, STEM |
en_US |
dc.title |
Hasil Cek Plagiasi: Correlation Between Scientific Creativity and Students’ Science Attitude in Creative Responsibility-Based Learning Integrated STEM from The Covid-19 Pandemic |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |