Repo Dosen ULM

PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Show simple item record

dc.contributor.author Amicetya, Denker Sandra
dc.contributor.author Kahri, Maruful
dc.contributor.author Warni, Herita
dc.contributor.author Mashud, Mashud
dc.date.accessioned 2024-06-16T23:07:03Z
dc.date.available 2024-06-16T23:07:03Z
dc.date.issued 2023-05-01
dc.identifier.citation http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v6i1.60161 en_US
dc.identifier.issn 9772657204001
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34398
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam bekerjasama dengan temannya dalam pembelajaran. Selain itu pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani masih banyak berpusat kepada guru (teacher centred) sehingga cenderung monoton. Jenis Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Banua Padang Kabupaten Tapin yang berjumlah 17 orang pada tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning terhadap kerjasama peserta didik di SDN Banua Padang Kabupaten Tapin. Penelitian ini mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.. Sampel yang digunkaan dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN Banua Padang kelas VI dengan jumlah 17 orang. Rata-rata (mean) dari test awal yaitu 132,94 dan test akhir dengan skor 138,71. Selanjutnya simpangan baku dari test awal yaitu 13,45 dan simpangan baku untuk tes akhir yaitu 9,66. Kemudian varians dari tes awal yaitu 180,93 dan untuk tes akhir yaitu 93,34. Nilai tengah (median) dari test awal yaitu 137 dan untuk tes akhir yaitu 141. Selanjutnya nilai tertinggi dari tes awal yaitu 153 dan tes awal 153. Sedangkan nilai tertinggi dari tes awal yaitu 101 dan untuk tes akhir yaitu 122 sehingga terlihat terjadi peningkatan dalam penelitian ini. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran cooperative learning terhadap kerjasama peserta didik di SDN Banua Padang en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Ilmu Keolahragaan en_US
dc.subject Cooperative Learning Model, Improvement, Cooperation en_US
dc.title PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account