Repo Dosen ULM

PENERAPAN GAYA MENGAJAR SELF CHECK STYLE: SUATU UPAYA MENINGKATKAN KEJUJURAN DAN HASIL BELAJAR KOMBINASI GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

Show simple item record

dc.contributor.author Rahman, Abdul
dc.contributor.author Mashud, Mashud
dc.contributor.author Warni, Herita
dc.date.accessioned 2024-06-16T23:03:54Z
dc.date.available 2024-06-16T23:03:54Z
dc.date.issued 2023-10-01
dc.identifier.citation http://dx.doi.org/10.26418/jilo.v6i2.69967 en_US
dc.identifier.issn 9772657204001
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34392
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar dan kejujuran siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 26 Orang. Instrumen penelitian bagian dua, yaitu instrumen hasil belajar psikomotorik siswa dan hasil belajar sikap siswa. Instrumen psikomotorik terbagi menjadi dua yaitu; 1) instrumen berupa tes kemampuan kombinasi gerak dasar yang meliputi; a) menggiring, b) menendang, dan c) melempar bola. 2) instrumen non tes berupa observasi blanko (siswa dan guru) untuk mengamati proses pembelajaran setiap siklus.Instrumen sikap berupa blanko observasi kejujuran siswa. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus prosentase, sedangkan data kualitatif sederhana dijelaskan dengan mengumpulkan data, merangkum dan menyajikan. Hasil penelitian siklus satu ke siklus dua peningkatan yakni hasil belajar siklus I memperoleh nilai psikomotorik 53,85 % kemudian terjadi peningkatan hasil belajar siswa di siklus II menjadi 81,00 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77,00 %. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar memeriksa diri dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin.85 % kemudian meningkat hasil belajar siswa pada siklus II menjadi 81,00 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77,00 %. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar memeriksa diri dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin. 85 % kemudian meningkat hasil belajar siswa pada siklus II menjadi 81,00 %. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh 46,15 % pada siklus II kemudian meningkat sebesar 77,00 %. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar memeriksa diri dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar siswa dan kejujuran siswa kelas V SD Negeri Pondok Butun Kecamatan Batulicin. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Ilmu Keolahragaan en_US
dc.subject Combination of basic movements; self-examination teaching style en_US
dc.title PENERAPAN GAYA MENGAJAR SELF CHECK STYLE: SUATU UPAYA MENINGKATKAN KEJUJURAN DAN HASIL BELAJAR KOMBINASI GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account