Repo Dosen ULM

Penguatan Kompetensi Pedagogy Guru Dalam Mewujudkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Berbasis Cooperatif Models Di SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Mashud, Mashud
dc.contributor.author Warni, Herita
dc.contributor.author Rinaldy, Dwiki
dc.contributor.author Mulhim, Muhammad
dc.contributor.author Athar, Baidillah
dc.contributor.author Hamid, Abdul
dc.contributor.author Rahman, Aryadi
dc.contributor.author Wulandari, Arina
dc.date.accessioned 2024-06-16T23:03:45Z
dc.date.available 2024-06-16T23:03:45Z
dc.date.issued 2023-12-24
dc.identifier.citation Mashud, M., Herita Warni, Y. Dwiki Rinaldy, Baidillah Athar, Muhammad Mulhim, Abdul Hamid, Aryadi Rahman, & Arina Wulandari. (2023). Penguatan Kompetensi Pedagogy Guru Dalam Mewujudkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Berbasis Cooperatif Models Di SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 4(1), 122-133. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i1.1725 en_US
dc.identifier.issn 2774-3055
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34391
dc.description.abstract Program pengabdian masyarakat (PKM) ini bertujuan membantu sekolah mewujudkan terciptanya mutu lulusan dan mutu pembelajaran. Tujuan khusus PKM adalah penguatan kompetensi pedagogy guru menyusun perencanaan pembelajaran dan praktik mengajar mewujudkan kecakapan kolaborasi siswa berbasis model kooperatif. Metode PKM yang digunakan adalah metode pendidikan dan pelatihan kepada guru SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru dengan menerapkan model ORPAER (observe, reflec, plan, action, evaluate, reflec) yang dibagi dalam 4 siklus yaitu; 1) pra-PKM, 2) in service training satu (IST-1) selama 6 jam pelajaran setara 1 hari, 3) on the job training (OJT) selama 40 jam pelajaran setara 30 hari, dan 4) in service training dua (IST-2) selama 6 jam pelajaran setara 1 hari. Sasaran PKM adalah semua guru SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru berjumlah delapan orang guru dan 6 kelas peserta didik. Moda pendidikan dan pelatihan menggunakan moda luring/ tatap muka langsung data PKM dihimpun melalui pendekatan kualititaf dan kuantitatif, dan data dianalisis mengunakan uji statistic deskriptif dengan teknik prosentase. Hasil berdasarkan tujuan pengabdian yaitu 1) Guru telah mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran (RPP) menerpakan model pembelajaran kooperatif untuk mengukur kecakapan kolaborasi siswa. 2) Guru telah mampu mempraktikkan pembelajaran menggunakan model kooperatif sesuai pilihan guru dan mampu menerapkan penilaian proses kecakapan kolaborasi siswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat en_US
dc.subject Pedagogy, Guru, Cooperatif Models en_US
dc.title Penguatan Kompetensi Pedagogy Guru Dalam Mewujudkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Berbasis Cooperatif Models Di SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account