dc.contributor.author |
Mashud, Mashud |
|
dc.contributor.author |
Warni, Herita |
|
dc.contributor.author |
Rinaldy, Dwiki |
|
dc.contributor.author |
Mulhim, Muhammad |
|
dc.contributor.author |
Athar, Baidillah |
|
dc.contributor.author |
Hamid, Abdul |
|
dc.contributor.author |
Rahman, Aryadi |
|
dc.contributor.author |
Wulandari, Arina |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-16T23:03:45Z |
|
dc.date.available |
2024-06-16T23:03:45Z |
|
dc.date.issued |
2023-12-24 |
|
dc.identifier.citation |
Mashud, M., Herita Warni, Y. Dwiki Rinaldy, Baidillah Athar, Muhammad Mulhim, Abdul Hamid, Aryadi Rahman, & Arina Wulandari. (2023). Penguatan Kompetensi Pedagogy Guru Dalam Mewujudkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Berbasis Cooperatif Models Di SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 4(1), 122-133. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v4i1.1725 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2774-3055 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34391 |
|
dc.description.abstract |
Program pengabdian masyarakat (PKM) ini bertujuan membantu sekolah mewujudkan terciptanya mutu lulusan dan mutu pembelajaran. Tujuan khusus PKM adalah penguatan kompetensi pedagogy guru menyusun perencanaan pembelajaran dan praktik mengajar mewujudkan kecakapan kolaborasi siswa berbasis model kooperatif. Metode PKM yang digunakan adalah metode pendidikan dan pelatihan kepada guru SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru dengan menerapkan model ORPAER (observe, reflec, plan, action, evaluate, reflec) yang dibagi dalam 4 siklus yaitu; 1) pra-PKM, 2) in service training satu (IST-1) selama 6 jam pelajaran setara 1 hari, 3) on the job training (OJT) selama 40 jam pelajaran setara 30 hari, dan 4) in service training dua (IST-2) selama 6 jam pelajaran setara 1 hari. Sasaran PKM adalah semua guru SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru berjumlah delapan orang guru dan 6 kelas peserta didik. Moda pendidikan dan pelatihan menggunakan moda luring/ tatap muka langsung data PKM dihimpun melalui pendekatan kualititaf dan kuantitatif, dan data dianalisis mengunakan uji statistic deskriptif dengan teknik prosentase. Hasil berdasarkan tujuan pengabdian yaitu 1) Guru telah mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran (RPP) menerpakan model pembelajaran kooperatif untuk mengukur kecakapan kolaborasi siswa. 2) Guru telah mampu mempraktikkan pembelajaran menggunakan model kooperatif sesuai pilihan guru dan mampu menerapkan penilaian proses kecakapan kolaborasi siswa |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat |
en_US |
dc.subject |
Pedagogy, Guru, Cooperatif Models |
en_US |
dc.title |
Penguatan Kompetensi Pedagogy Guru Dalam Mewujudkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Berbasis Cooperatif Models Di SDN 02 Bangkal Kota Banjarbaru |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |