Repo Dosen ULM

Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Sekolah Islami Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut

Show simple item record

dc.contributor.author Warni, Herita
dc.contributor.author Mashud, Mashud
dc.contributor.author Hamid, Abd
dc.contributor.author Mulhim, Muhammad
dc.contributor.author Perdinanto, Perdinanto
dc.contributor.author Shadiqin, AR.
dc.contributor.author Wulandari, Arina
dc.date.accessioned 2024-06-16T23:02:22Z
dc.date.available 2024-06-16T23:02:22Z
dc.date.issued 2023-06-30
dc.identifier.citation Warni, H., Mashud, M., Hamid, A., Mulhim, M., Perdinanto, P., Shadiqin, A., & Wulandari, A. (2023). Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Sekolah Islami Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 3(2), 115-128. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v3i2.1017 en_US
dc.identifier.issn 2774-3055
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34381
dc.description.abstract PKM ini bertujuan untuk membantu sekolah mewujudkan terciptanya mutu pendidikan dan mutu pengelolaan sekolah serta menyongsong pemberlakuan kurikulum merdeka tahun 2022 melalui “Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sekolah Islamik Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut”. Tujuan khusus PKM adalah; 1) penguatan kurikulum merdeka 2022 dan profil pelajar pancasila, 2) penyusunan modul ajar (kurikulum merdeka 2022) berbasis project based learning (PjBL). Metode PKM yang digunakan adalah metode pendidikan dan pelatihan serta pendampingan kepada guru SIT Assalam dengan menerapkan model ORPAER (observe, reflec, plan, action, evaluate, reflec) yang dibagi dalam 4 siklus yaitu; 1) pra-PKM, 2) in service training satu (IST-1) selama 32 jam pelajaran setara 4 hari, 3) on the job training (OJT) selama 40 jam pelajaran setara 30 hari, dan 4) in service training dua (IST-2) selama 16 jam pelajaran setara 2 hari. Sasaran PKM adalah semua guru SIT Assalam berjumlah 72 guru. Moda Pendidikan dan pelatihan menggunakan moda campuran (daring dan luring) data PKM dihimpun melalui pendekatan kualititaf dan kuantitatif, dan data dianalisis mengunakan uji statistic deskriptif dengan teknik prosentase. PKM menghasilkan 16 modul ajar karya semua guru yang menjadi saran kegiatan PKM. Komponen modul ajar yang belum mampu disusun dengan baik guru SIT Assalam pada komponen glosarium dan daftar Pustaka. Kesimpulan PKM berhasil dengan baik dapat menguatkan guru SIT Assalam dalam menyusunan modul ajar dan siap menerapkan kurikulum merdeka. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat en_US
dc.subject modul ajar, kurikulum merdeka, project based learning en_US
dc.title Penguatan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning Bagi Guru Sekolah Islami Terpadu Assalam Kabupaten Tanah Laut en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account