dc.contributor.author |
Ari Nugroho, Dedy |
|
dc.contributor.author |
Ari Nugroho, Dedy |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-14T11:54:24Z |
|
dc.date.available |
2024-06-14T11:54:24Z |
|
dc.date.issued |
2024-03-21 |
|
dc.identifier.citation |
PENGUATAN NILAI NASIONALISME MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN PANCASILA PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN DIGITAL |
en_US |
dc.identifier.issn |
25408712 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34126 |
|
dc.description |
Teknik analisis data yang ditemukan adalah
reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini mengungkapkan hal-hal berikut: 1) Strategi
pemanfaatan media sosial oleh guru dalam Pendidikan
Pancasila menunjang pemahaman peserta didik mulai dari
perencanaan, mental dan pondasi materi baik dari internet
ataupun buku pegangan guru, memanfaatkan media instagram
untuk peserta didik dapat mempelajari materi lewat media
sosial tentang nasionalisme. 2) Dalam pemanfaatannya
tersebut terlihat penguatan nilai nasionalisme yang diajarkan
oleh guru melalui pemanfaatan media sosial instagram yang
menjadi tolak ukur dan acuan peserta didik untuk mengupload
tugas yang diberikan untuk menunjang pemahaman peserta
didik terhadap nasionalismenya. |
en_US |
dc.description.abstract |
Penelitian ini membahas pesatnya teknologi informasi
membawa pengaruh pada remaja yang kebanyakan
mengakses media sosial. Perkembangan teknologi ini
kebanyakan membuat remaja tidak bisa memilah informasi
yang tersebar positif dan negatifnya. Penguatan nilai
nasionalisme dengan pemanfaatan media sosial dimanfaatkan
dalam membangun kualitas pendidikan di Indonesia yang
cinta akan tanah airnya sesuai dengan kewarganegaraan
digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan
mendeskripsikan penguatan nilai nasionalisme melalui
pemanfaatan media sosial dalam Pendidikan Pancasila.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang ditemukan adalah
reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini mengungkapkan hal-hal berikut: 1) Strategi
pemanfaatan media sosial oleh guru dalam Pendidikan
Pancasila menunjang pemahaman peserta didik mulai dari
perencanaan, mental dan pondasi materi baik dari internet
ataupun buku pegangan guru, memanfaatkan media instagram
untuk peserta didik dapat mempelajari materi lewat media
sosial tentang nasionalisme. 2) Dalam pemanfaatannya
tersebut terlihat penguatan nilai nasionalisme yang diajarkan
oleh guru melalui pemanfaatan media sosial instagram yang
menjadi tolak ukur dan acuan peserta didik untuk mengupload
tugas yang diberikan untuk menunjang pemahaman peserta
didik terhadap nasionalismenya. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
mandiri |
en_US |
dc.publisher |
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
14;1 |
|
dc.subject |
Penguatan Nilai Nasionalisme, Pemanfataan Media Sosial, Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan digital |
en_US |
dc.title |
PENGUATAN NILAI NASIONALISME MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN PANCASILA PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN DIGITAL |
en_US |
dc.title.alternative |
PENGUATAN NILAI NASIONALISME MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN PANCASILA PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN DIGITAL |
en_US |
dc.type |
Learning Object |
en_US |