Repo Dosen ULM

Meningkatkan Efektivitas Analisis Kebutuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah melalui Bimbingan Teknis Alat Ungkap Masalah

Show simple item record

dc.contributor.author Permatasari, Nina
dc.contributor.author Setiawan, Muhammad Andri
dc.contributor.author Maulana, Muhammad
dc.contributor.author Dinanty, Najwa Shabrina
dc.date.accessioned 2024-06-04T09:57:02Z
dc.date.available 2024-06-04T09:57:02Z
dc.date.issued 2024-02-02
dc.identifier.citation Sari, N.P., Setiawan, M.A., Maulana, M. & Dinanty N.S. (2024).Meningkatkan Efektivitas Analisis Kebutuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah melalui Bimbingan Teknis Alat Ungkap Masalah. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33954
dc.description.abstract Kegiatan ini melibatkan Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah sebagai mitra utama. Mitra ini mencakup seluruh guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah, yang berjumlah 7 orang peserta. Masalah utama yang diidentifikasi adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan guru BK dalam menggunakan Alat Ungkap Masalah (AUM) sebagai instrumen analisis kebutuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah. Solusi yang diusulkan adalah memberikan bimbingan teknis menggunakan metode ABCD (Asset, Building, Connecting, Development). Ini mencakup identifikasi aset, peningkatan kapasitas, pembangunan jaringan, dan pembangunan berkelanjutan. Target luaran berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru BK dalam menggunakan AUM dan perubahan positif dalam praktik penggunaan AUM di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah. Metode pencapaian tujuan: (1) bimbingan teknis menggunakan metode ABCD; (2) bimbingan teknik interaktif dan Focus Group Discussion (FGD) untuk pemahaman mendalam; (3) observasi praktek untuk mensimulasikan penggunaan AUM secara efektif; dan (4) analisis statistik deskriptif dan uji t-statistik. Hasil dari pelaksanaan pengabdian menunjukkan: (1) rata-rata total pemahaman guru BK meningkat dari 35.86 menjadi 45.86 setelah kegiatan; (2) selisih post-pre menunjukkan peningkatan signifikan secara statistik; dan (3) hasil pre-test menunjukkan pemahaman peserta yang memadai, dengan peningkatan signifikan setelah bimbingan teknis. Kontribusi kegiatan meliputi: (1) dukungan terhadap literatur dan praktik bimbingan konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah; dan (2) meningkatkan kualitas layanan BK di sekolah. Kesimpulan: bimbingan teknis AUM efektif meningkatkan kualitas layanan BK dan penggunaan AUM di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah. Implikasi Praktis: peningkatan kualitas layanan bimbingan konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah sebagai dampak positif dari kegiatan ini. en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Bimbingan Teknis en_US
dc.subject Alat Ungkap Masalah en_US
dc.subject Guru Bimbingan dan Konseling en_US
dc.title Meningkatkan Efektivitas Analisis Kebutuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah melalui Bimbingan Teknis Alat Ungkap Masalah en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Buku [1503]
    Repositori untuk bidang buku

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account