Repo Dosen ULM

EFIKASI DIRI DOSEN PADA PEMBELAJARAN ENGLISH FOR WETLANDS

Show simple item record

dc.contributor.author Sutiono, Cayandrawati
dc.contributor.author Triana, Novita
dc.contributor.author Arapah, Elvina
dc.date.accessioned 2024-06-04T07:23:02Z
dc.date.available 2024-06-04T07:23:02Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.other 410.7 CAY E
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33856
dc.description.abstract Arah dan kebijakan Rencana Induk Penelitian Universitas Lambung Mangkurat (RIP ULM) periode 2020 – 2024 adalah untuk menjadikan Universitas Lambung Mangkurat sebagai pusat pengembangan lahan basah di Asia Pasifik pada tahun 2027. Tersedianya sumber daya unggul dalam bidang unggulan lingkungan lahan basah menjadi sebuah keharusan bagi setiap civitas akademika terutama para dosen. Keragaman keilmuan dalam penelitian lingkungan lahan basah yang terwujud dalam program studi diarahkan pada 6 (enam) fokus bidang unggulan dimana salah satunya adalah Pendidikan dan Seni Budaya. Mata Kuliah English for Wetlands adalah wujud dari integrasi bidang unggulan dengan tema lingkungan lahan basah di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, ULM. Mata kuliah ini telah disajikan sejak Kurikulum 2017.Permasalahan yang kemudian muncul adalah dosen yang mengampu Mata Kuliah English for Wetlands di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris ULM tidak mempunyai latar belakang keilmuan tentang lingkungan lahan basah. Hal ini membuat para dosen yang mendapat amanah mengampu mata kuliah ini benar-benar harus berjuang dari awal mengolah, mendesain dan mengadaptasi konten pembelajaran tentang lingkungan lahan basah dalam Bahasa Inggris yang sebenarnya hal ini sudah termasuk dalam Content and Language Integrated Learning (CLIL) atau Pembelajaran Terpadu Konten dan Bahasa.Tujuan dari penelitian ini (1) mengidentifikasi efikasi diri dosen dalam pembelajaran Mata Kuliah English for Wetlands pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris, ULM; (2) mengeksplorasi kualitas pembelajaran Mata Kuliah English for Wetlands pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris, ULM dan (3) mengeksplorasi keterkaitan efikasi diri dosen dan kualitas pembelajaran Mata Kuliah English for Wetlands pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris, ULM. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode narative inquiry. Subjek penelitian untuk data utama adalah dosen yang pernah mengampu Mata Kuliah English for Wetlands. Kesediaan dosen tersebut untuk menjadi sumber data adalah alasan utama dalam pemilihan subjek selain kriteria bahwa yang bersangkutan pernah mengampu Mata Kuliah English for Wetlands. Untuk data kuantitatif dan kualitatif, ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner untuk mengumpulkan data tentang efikasi diri subjek penelitian dan pedoman wawancara yang digunakan untuk mengklarifikasi jawaban tentag efikasi diri pada kuesioner. Data sekunder didapatkan dari para mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah tersebut. Mahasiswa dipilih secara acak berdasarkan ketersediaan mereka untuk diwawancarai. Jumlah subjek tidak terbatas pada jumlah tertentu karena juga tergantung pada kesediaan subjek untuk berpartisipasi. en_US
dc.description.sponsorship UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT en_US
dc.relation.ispartofseries 410.7 CAY E;
dc.subject efikasi_diri, English_for_Wetlands_, kurikulum, materi, metode, penilaian en_US
dc.title EFIKASI DIRI DOSEN PADA PEMBELAJARAN ENGLISH FOR WETLANDS en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account