Repo Dosen ULM

Pembelajaran HOTS Berbasis Pendekatan Lingkungan di Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.author Jannah, Fathul
dc.contributor.author Radiansyah, Radiansyah
dc.contributor.author Sari, Raihanah
dc.contributor.author Fahlevi, Reja
dc.contributor.author Wardini, Sapnah
dc.contributor.author Aisyah, Siti
dc.contributor.author Kurniawan, Wahyu
dc.date.accessioned 2024-06-04T07:13:27Z
dc.date.available 2024-06-04T07:13:27Z
dc.date.issued 2022-02-25
dc.identifier.issn 2303-1514
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33839
dc.description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bencana yang baru saja terjadi di Kalimantan Selatan, yaitu banjir. Kemungkinan akan terjadinya banjir kembali bisa saja terjadi, untuk itu diperlukan kesiapan warga dalam menghadapinya terlebih dalam hal pengetahuan. Menyikapi hal ini diperlukan pembelajaran berpikir tingkat tinggi atau bisa disebut Higher Order Thinking Skill (HOTS) berbasis pendekatan lingkungan. en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana keterampilan guru dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik seleksi data, tabulasi data, menghitung alternative jawaban kemudian mendeskripsikan dan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan di Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar khususnya Kecamatan Kertak Hanyar Gugus Kelas Tinggi belum sepenuhnya dilaksanakan, hal ini dikarenakan sebagian guru mengalami keterbatasan dalam mengembangkat perangakat pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan dan kadang mengalami kendala dalam mengimplementasikan pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan. Untuk mengemas penilaian berbentuk HOTS juga terkendala, karena tidak semua siswa mampu mengkonstruksi, memahami, dan menerapkan keterampilan berpikir kritis mereka, sehingga alat evaluasi yang dirancang perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 11 Nomor 1;189-197
dc.subject HOTS en_US
dc.subject Pendekatan Lingkungan en_US
dc.subject Sekolah Dasar en_US
dc.title Pembelajaran HOTS Berbasis Pendekatan Lingkungan di Sekolah Dasar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account