Repo Dosen ULM

Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

dc.contributor.author Anggreani, Chresty
dc.date.accessioned 2024-06-04T07:11:42Z
dc.date.available 2024-06-04T07:11:42Z
dc.date.issued 2011-02-06
dc.identifier.issn 2656-8063
dc.identifier.issn 2656-8071
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33834
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi platform dan mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19 di PAUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data berupa kuesioner melalui google form dari 121 PAUD di Indonesia. Berdasarkan analisis data diperoleh platform pembelajaran yang digunakan di lembaga PAUD yaitu: whatsapp dengan 98 pengguna (74,8%), video call 11 pengguna (8,4%), youtube 9 pengguna (6,9%), zoom meeting 8 pengguna (6,1%), google classroom 2 pengguna (1,5%), kemudian email, facebook, telegram masing-masing 1 pengguna (0,8%). Whatsapp paling banyak digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD. Adapun permasalahan yang paling banyak dihadapi seperti jaringan internet yang kurang maksimal, terbatasnya kuota, dan masih kurangnya pengetahuan pendidik dan orang tua dalam menggunakan perangkat pembelajaran daring. Sehingga pendidik harus kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak dalam mendapatkan pengajaran untuk mengembangkan aspek perkembangan dan potensinya di masa Pandemi Covid-19. Pendidik juga harus meningkatkan pengembangan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk penguasaan IT. Selain itu juga, perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah maupun pusat untuk memfasilitasi jaringan wifi gratis di setiap lembaga pendidikan dan menyediakan kuota gratis bagi pendidik maupun orang tua sehingga pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan. en_US
dc.publisher Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 4;Nomor 2
dc.subject pembelajaran daring en_US
dc.subject platform en_US
dc.subject PAUD en_US
dc.title Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Pendidikan Anak Usia Dini en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account