Repo Dosen ULM

Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui Implementasi Peanaman Nilai-Nilai Pendiikan Budaya Lokal Seni Tradisi Pada Sekolah Alam Di SD-IT Hunafa Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Ari
dc.date.accessioned 2024-06-04T06:14:44Z
dc.date.available 2024-06-04T06:14:44Z
dc.date.issued 2021-11-01
dc.identifier.citation - en_US
dc.identifier.other -
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33761
dc.description Pembangunan nasional Indonesia pada dasarnya bertujuan menciptakan manusia Indonesia seutuhnya. Manusia utuh adalah suatu yang tidak hanya menonjolkan kepentingan dan kemampuan lahiriah seperti pangan, perumahan, sandang, serta kekayaan material yang berlimpah tetapi juga manusia yang bermental, berkarakter, tenang, aman, bebas berekspresi, bertakwa pada Tuhan, mempraktekkan nilai-nilai kemanusiaan, berjuang untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga terjadi keserasian, keselarasan serta keseimbangan antara kepentingan material dan spiritual. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yaitu penguasaan seperangkat kecakapan yang mencerminkan penguasaan pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai, komitmen, dan kompetensi yang mencerminkan karakter dan budaya manusia dan masyarakat Indonesia seutuhnya en_US
dc.description.abstract ABSTRAK Pembangunan nasional Indonesia pada dasarnya bertujuan menciptakan manusia Indonesia seutuhnya. Manusia utuh adalah suatu yang tidak hanya menonjolkan kepentingan dan kemampuan lahiriah seperti pangan, perumahan, sandang, serta kekayaan material yang berlimpah tetapi juga manusia yang bermental, berkarakter, tenang, aman, bebas berekspresi, bertakwa pada Tuhan, mempraktekkan nilai-nilai kemanusiaan, berjuang untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga terjadi keserasian, keselarasan serta keseimbangan antara kepentingan material dan spiritual. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan karakter yaitu penguasaan seperangkat kecakapan yang mencerminkan penguasaan pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai, komitmen, dan kompetensi yang mencerminkan karakter dan budaya manusia dan masyarakat Indonesia seutuhnya. Berbicara mengenai konsep pendidikan budaya lokal, di Banjar dikenal salah satu budaya sungai, dimana konsep akan lingkungan dan kehidupannya diatas air dan sebagai kebutuhan sehari-hari. Implimentasi pendidikan yang diterapkan pada sekolah dasar memberikan pengenalan dan menumbuhkan nilai nilai akan budaya lokal dilingkungannya. Sekolah Alam yang merupakan satu satunya di Banjarmasin yang berada diatas air, dan dipinggiran sungai yang langsung mengenal transportasi sungai masyarakat Banjar. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode etnografi. Tujuan penelitian untuk mengimplementasikan menganalisis konsep budaya lokal seni tradisi setempat yang didalamnya terkandung nilai-nilai pendidikan seni budaya tradisi Banjar. Pengkhususan penelitian ini dilakukan untuk menanamkan, memperdalam dan mempertajam nilai-nilai pendidikan budaya lokal sehingga diperoleh hasil implementasi untuk kepentingan menumbuhkan sikap kepedulian pelestarian tradisi melalui seni tradisi budaya lokal. Penelitian ini dilakukan di SD-IT Hunafa Banjarmasin sebagai salah satu sekolah alam yang berada di Banjarmasin Utara yang bernuansa sekolah alam dan budaya sungai. en_US
dc.description.sponsorship DIPA en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher - en_US
dc.relation.ispartofseries -;-
dc.subject Implementasi, Pendidikan budaya sungai, Sekolah alam. en_US
dc.title Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui Implementasi Peanaman Nilai-Nilai Pendiikan Budaya Lokal Seni Tradisi Pada Sekolah Alam Di SD-IT Hunafa Banjarmasin en_US
dc.title.alternative Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui Implementasi Peanaman Nilai-Nilai Pendiikan Budaya Lokal Seni Tradisi Pada Sekolah Alam Di SD-IT Hunafa Banjarmasin en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account