dc.contributor.author |
Hidayat, Ari |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-04T06:14:28Z |
|
dc.date.available |
2024-06-04T06:14:28Z |
|
dc.date.issued |
2020-06-27 |
|
dc.identifier.citation |
PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional” Diterbitkan oleh: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang ISBN: 978-602-5445-12-5 vii, 294 |
en_US |
dc.identifier.isbn |
978-602-5445-12-5 vii, 294 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33760 |
|
dc.description |
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dimana penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Seiring dengan majunya revolusi industri 4.0, banyak para pendidik yang harus selalu menggunkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran
yang terfokus pada pembelajaran gerak dasar tari dalam mata kuliah tari dan drama “kesenian tradisi Japin Carita” yang dilakukan para calon pendidik untuk menyeimbangkan penggunaan Teknologi Informasi yang bekaitan dengan kehidupan sosial, Proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik merupakan sebuah gerakan-gerakan dasar dalam menari dan sedikit ditambahkan dengan ragam gerak, khususnya pada gerakan tari Japin, diantaranya: untuk gerakan dasar : a) Step 4 dan b) Duduk pahlawan. Berikut merupakan ragam gerak pada tari japin, ada 9 macam diantaranya : a) Sisit, b) Siksak, c) Tahtul, d) Matjus, e) Langkah Lima, f) Susun Sirih, g) Goyang Bahu, h) Siuk dan i) Buang Anak. |
en_US |
dc.description.abstract |
Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dimana penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Seiring dengan majunya revolusi industri 4.0, banyak para pendidik yang harus selalu menggunkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran
yang terfokus pada pembelajaran gerak dasar tari dalam mata kuliah tari dan drama “kesenian tradisi Japin Carita” yang dilakukan para calon pendidik untuk menyeimbangkan penggunaan Teknologi Informasi yang bekaitan dengan kehidupan sosial, Proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik merupakan sebuah gerakan-gerakan dasar dalam menari dan sedikit ditambahkan dengan ragam gerak, khususnya pada gerakan tari Japin, diantaranya: untuk gerakan dasar : a) Step 4 dan b) Duduk pahlawan. Berikut merupakan ragam gerak pada tari japin, ada 9 macam diantaranya : a) Sisit, b) Siksak, c) Tahtul, d) Matjus, e) Langkah Lima, f) Susun Sirih, g) Goyang Bahu, h) Siuk dan i) Buang Anak. Penelitian ini merupakan mata kuliah Tari dan Drama yang ada di Pendidikan Sekolah dasar pada semester enam, mata kuliah ini diajarkan untuk merangsang kreatifitas mahasiswa dalam mengolah pembelajaran agar lebih menarik dan kreatif dangan didasari gerak dan bermain peran, diawal pembelajaran pendidik memberikan penjelasan tentang gerak dasar tari dan skenario yang berkaitan dengan bermain peran, sehingga mahasiswa mudah untuk memahaminya, pertemuan selanjutnya mahasiswa melaksanakan praktek menari dan bermain peran sesuai materi yang diajarkan. pada beberapa kali petemuan mereka sudah mengusai gerak dasar dan ragam gerak tari yang diajarkan. Ini terlihat dari beberapa tugas mahasiswa yang dikumpulkan secara online melalui video pada saat mereka belajar dirumah. Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objek atau cara melakukan sehingga dapat mempelajari secara proses. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
PROSIDING
Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis):
“Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional” |
en_US |
dc.publisher |
PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional” Diterbitkan oleh: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang ISBN: 978-602-5445-12-5 vii, 294 |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional”;978-602-5445-12-5 vii, 294 |
|
dc.subject |
pembelajaran Gerak dasar dan Tari Japin Banjar |
en_US |
dc.title |
Judul Makalah Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Tari dan Drama SD Seni Tradisi Kalimtan Selatan " Japin Carita " Pada Masa Pandemi Covid-19 |
en_US |
dc.title.alternative |
Judul Makalah Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Tari dan Drama SD Seni Tradisi Kalimtan Selatan " Japin Carita " Pada Masa Pandemi Covid-19 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |