Repo Dosen ULM

Judul Makalah Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Tari dan Drama SD Seni Tradisi Kalimtan Selatan " Japin Carita " Pada Masa Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Ari
dc.date.accessioned 2024-06-04T06:14:28Z
dc.date.available 2024-06-04T06:14:28Z
dc.date.issued 2020-06-27
dc.identifier.citation PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional” Diterbitkan oleh: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang ISBN: 978-602-5445-12-5 vii, 294 en_US
dc.identifier.isbn 978-602-5445-12-5 vii, 294
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33760
dc.description Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dimana penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Seiring dengan majunya revolusi industri 4.0, banyak para pendidik yang harus selalu menggunkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran yang terfokus pada pembelajaran gerak dasar tari dalam mata kuliah tari dan drama “kesenian tradisi Japin Carita” yang dilakukan para calon pendidik untuk menyeimbangkan penggunaan Teknologi Informasi yang bekaitan dengan kehidupan sosial, Proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik merupakan sebuah gerakan-gerakan dasar dalam menari dan sedikit ditambahkan dengan ragam gerak, khususnya pada gerakan tari Japin, diantaranya: untuk gerakan dasar : a) Step 4 dan b) Duduk pahlawan. Berikut merupakan ragam gerak pada tari japin, ada 9 macam diantaranya : a) Sisit, b) Siksak, c) Tahtul, d) Matjus, e) Langkah Lima, f) Susun Sirih, g) Goyang Bahu, h) Siuk dan i) Buang Anak. en_US
dc.description.abstract Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dimana penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Seiring dengan majunya revolusi industri 4.0, banyak para pendidik yang harus selalu menggunkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran yang terfokus pada pembelajaran gerak dasar tari dalam mata kuliah tari dan drama “kesenian tradisi Japin Carita” yang dilakukan para calon pendidik untuk menyeimbangkan penggunaan Teknologi Informasi yang bekaitan dengan kehidupan sosial, Proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik merupakan sebuah gerakan-gerakan dasar dalam menari dan sedikit ditambahkan dengan ragam gerak, khususnya pada gerakan tari Japin, diantaranya: untuk gerakan dasar : a) Step 4 dan b) Duduk pahlawan. Berikut merupakan ragam gerak pada tari japin, ada 9 macam diantaranya : a) Sisit, b) Siksak, c) Tahtul, d) Matjus, e) Langkah Lima, f) Susun Sirih, g) Goyang Bahu, h) Siuk dan i) Buang Anak. Penelitian ini merupakan mata kuliah Tari dan Drama yang ada di Pendidikan Sekolah dasar pada semester enam, mata kuliah ini diajarkan untuk merangsang kreatifitas mahasiswa dalam mengolah pembelajaran agar lebih menarik dan kreatif dangan didasari gerak dan bermain peran, diawal pembelajaran pendidik memberikan penjelasan tentang gerak dasar tari dan skenario yang berkaitan dengan bermain peran, sehingga mahasiswa mudah untuk memahaminya, pertemuan selanjutnya mahasiswa melaksanakan praktek menari dan bermain peran sesuai materi yang diajarkan. pada beberapa kali petemuan mereka sudah mengusai gerak dasar dan ragam gerak tari yang diajarkan. Ini terlihat dari beberapa tugas mahasiswa yang dikumpulkan secara online melalui video pada saat mereka belajar dirumah. Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objek atau cara melakukan sehingga dapat mempelajari secara proses. en_US
dc.description.sponsorship PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional” en_US
dc.publisher PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional” Diterbitkan oleh: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang ISBN: 978-602-5445-12-5 vii, 294 en_US
dc.relation.ispartofseries PROSIDING Web Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis): “Akreditasi sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional”;978-602-5445-12-5 vii, 294
dc.subject pembelajaran Gerak dasar dan Tari Japin Banjar en_US
dc.title Judul Makalah Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Tari dan Drama SD Seni Tradisi Kalimtan Selatan " Japin Carita " Pada Masa Pandemi Covid-19 en_US
dc.title.alternative Judul Makalah Penerapan Pembelajaran Mata Kuliah Tari dan Drama SD Seni Tradisi Kalimtan Selatan " Japin Carita " Pada Masa Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account