Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN DESAIN TRANSFER INDIGENOUS KNOWLEDGE ETNOBOTANI DAYAK BAKUMPAI TERINTEGRASI GAMES COMPETETION BERBASIS VIDEO DALAM PEMBELAJARAN ETNOBOTANI PADA MAHASISWA DI KAWASAN LAHAN BASAH

Show simple item record

dc.contributor.author Dharmono, Dharmono
dc.contributor.author Mahdian, Mahdian
dc.date.accessioned 2024-06-04T05:59:15Z
dc.date.available 2024-06-04T05:59:15Z
dc.date.issued 2023-06-02
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33715
dc.description Laporan penelitian akhir berjudul “Pengembangan desain transfer Indigenous Knowledge Etnobotani Dayak Bakumpai terintegrasi Game of Competetion berbasis Video dalam pembelajaran Etnobotani pada lahan basah “ en_US
dc.description.abstract Suku Dayak Bakumpai adalah salah satu suku dari suku Dayak Ngaju Kalimantan mendiami daerah aliran sungai Barito khususnya di Kabupaten Barito Kuala. Kehidupan sehari-hari masyarakat suku Dayak Bakumpai adalah bertani, berladang, dan memanfaatkan hutan rawa di sekitarnya. Oleh sebab itu penelitian tentang Etnobotani pada masyarakat tersebut perlu dilakukan baik sebagai dokumen maupun sebagai desain pembalajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan desain transfer Indigenous Knowledge Etnobotani Dayak Bakumpai terintegrasi Game of Competetion berbasis Video (TEDABAGCO ) dalam pembelajaran Etnobotani pada lahan basah yang layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan dalam pembelajaran Etnobotani apada lahan basah. Desain yang dikembangkan mengacu pada profil transfer Indigenous Knowledge Etnobotani Dayak Bakumpai yang akan diintergrasikan dengan model pembelajaran Gamee Competetion. Jenis yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) model Plomp. Uji produk pengembangan dilakukan melalui 3 orang pakar, 2 dosen pengampu, dan 30 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat, dan implementasi produk akan dilakukan terhadap anakanak usia sekolah SMP di Suku Dayak Bakumpai Kabupaten Barito Kuala yang jumlahnya disesuaikan dengan keberadaan anak-anak suia sekolah tersebut. Analisis data dilakukan secara diskriptif terhadap data validitas, kepraktisan, dan kefektifan dari produk pengembangan desain yang dilakukan. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh 3 orang pakar terhadap desain pembelajaran TEDABAGCO yang dikembangkan didapatkan didapatkan skor rata-rata adalah 3.9 yang berarti produk pengembangan termasuk dalam katagori Valid. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh 3 mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan pada uji keterbacaan desain Edbagacom, didapatkan skor rata-rata adalah 5 yang berarti produk pengembangan termasuk dalam katagori Sangat Baik dan uji lapangan produk utama melalui uji respon mahasiswa, didapatkan skor rata-rata adalah 4,2 yang termasuk dalam katagori Sangat Praktis. Berdasarkan hasil nilai rata-rata mahasiswa yaitu 80.8 menunjukkan Desain Pembelajaran Edbagacom yang dikembangkan dalam katagori sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Etnobotani en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat Prees en_US
dc.title PENGEMBANGAN DESAIN TRANSFER INDIGENOUS KNOWLEDGE ETNOBOTANI DAYAK BAKUMPAI TERINTEGRASI GAMES COMPETETION BERBASIS VIDEO DALAM PEMBELAJARAN ETNOBOTANI PADA MAHASISWA DI KAWASAN LAHAN BASAH en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account