dc.description.abstract |
Pembelajaran fisika di dalam kelas masih bersifat konvensional dengan metode ceramah dimana siswa cenderung hanya mencatat apa yang diajarkan oleh guru sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas dan pengalaman belajar peserta didik secara langsung. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis hands on activity yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan aktivitas peserta didik yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Gambut yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan teknik observasi dan tes. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berkategori sangat valid dengan validitas memperoleh rerata skor 3,69; 2) kepraktisan LKPD berkategori sangat praktis dengan rerata keterlaksanaan LKPD pertemuan 1 sebesar 3,25; pertemuan 2 sebesar 3,39: pertemuan 3 sebesar 3,57; dan pertemuan 4 sebesar 3,75; (3) efektivitas LKPD memenuhi kriteria efektif dengan N-gain 0,71 berkategori tinggi ; dan 4) LKPD berbasis hands on activity dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada setiap pertemuan. Disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis hands on activity untuk melatihkan aktivitas peserta didik layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. |
en_US |