Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG

Show simple item record

dc.contributor.author Thersia, Vita
dc.contributor.author Arifuddin, M
dc.contributor.author Misbah, Misbah
dc.date.accessioned 2024-06-04T05:47:36Z
dc.date.available 2024-06-04T05:47:36Z
dc.date.issued 2019-02-28
dc.identifier.issn 2549-2764
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33673
dc.description.abstract Kurangnya kemampuan siswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam persoalan fisika berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP dengan pendekatan SAVI dalam model pengajaran langsung dengan kategori sangat baik; 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari skor 48 yang berkategori cukup baik menjadi 73 yang berkategori baik, serta telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 85,29 %. Diperoleh simpulan bahwa melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. en_US
dc.publisher Pend. Fisika FKIP ULM Kolaborasi PSI en_US
dc.subject pengajaran langsung en_US
dc.subject SAVI en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account