Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KREATIVITAS ILMIAH PADA GURU SAINS-FISIKA DI KALIMANTAN SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.author Arifuddin, Muhammad
dc.contributor.author Wati, Mustika
dc.contributor.author Miriam, Sarah
dc.contributor.author Suyidno, Suyidno
dc.contributor.author Misbah, Misbah
dc.contributor.author Mahtari, Saiyidah
dc.contributor.author Deni, M
dc.contributor.author Ridho, Muhammad Hafiz
dc.date.accessioned 2024-06-04T05:43:13Z
dc.date.available 2024-06-04T05:43:13Z
dc.date.issued 2019-11-30
dc.identifier.issn 2722-3043
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33654
dc.description.abstract Pengembangan kreativitas ilmiah dalam pembelajaran fisika menjadi solusi baru yang lebih efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang semakin kompleks dan beragam dewasa ini; tetapi hambatan kreativitas mengganggu kemampuan para guru fisika untuk mengenali ide-ide kreatifnya. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini ialah membekali para guru fisika di Kalimantan Selatan dengan pengetahuan dan kreativitas ilmiah; serta berlatih mendesain Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kreativitas Ilmiah. Kegiatan pengabdian diawali identifikasi masalah tentang rendahnya kreativitas ilmiah para guru sains-fisika, kemudian penyusunan modul pelatihan kreativitas ilmiah yang ditekankan pada aktivitas siswa meliputi: (1) menentukan kegunaan benda untuk tujuan ilmiah, (2) menemukan masalah-masalah sains, (3) meningkatkan kegunaan produk secara teknis, (4) berimajinasi ilmiah, (5) mendesain eksperimen kreatif, (6) memecahkan masalah sains secara kreatif, dan (7) mendesain produk secara kreatif. Selain itu, pengembangan desain LKS melibatkan pembelajaran berbasis otonomi, kebutuhan belajar kreatif, investigasi ilmiah, dan pemantapan kreativitas ilmiah. Pelaksanaan pengabdian dalam bentuk wokshop mendesain LKS berbasis kreativitas ilmiah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemahaman kreativitas ilmiah guru dalam mendesain produk kreatif pada awalnya dalam kriteria kurang kreatif. Sebaliknya, setelah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, para peserta pelatihan lebih memahami tentang kreativitas ilmiah dan pentingnya kreativitas ilmiah dalam pembelajaran sains-fisika, serta dapat mendesain LKS berbasis kreativitas ilmiah dalam kriteria kreatif. Dengan demikian, kegiatan pengembangan desain LKS berbasis kreativitas ilmiah pada guru sains-fisika di Kalimantan Selatan mampu meningkatkan pemahaman kreativitas ilmiah para pendidik dengan baik. en_US
dc.publisher The Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Guru sains-fisika en_US
dc.subject Kreativitas Ilmiah en_US
dc.subject LKS en_US
dc.title PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KREATIVITAS ILMIAH PADA GURU SAINS-FISIKA DI KALIMANTAN SELATAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account