Repo Dosen ULM

Teknologi Dalam Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Show simple item record

dc.contributor.author Syaharuddin, Syaharuddin
dc.contributor.author Abbas, Ersis Warmansyah
dc.date.accessioned 2024-04-05T02:46:44Z
dc.date.available 2024-04-05T02:46:44Z
dc.date.issued 2023-06-14
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/33568
dc.description Kemajuan teknologi dan informasi, penggunaan sistem informasi berbasis web sangat diminati. Peningkatan performa komunikasi antara pihak administrasi, guru, maupun peserta didik. Implementasi dari E-learning dapat dilakukan dengan pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis website atau aplikasi seperti Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle). Moodle merupakan satu perangkat lunak yang dapat dengan mudah dipakai untuk mengembangkan sistem e-learning. Melalui moodle, e-learning dapat didesain sesuai dengan kebutuhan. Penerapan e-learning berbasis moodle menjadikan peserta didik mandiri dan tidak terpaku pada guru sebagai satu-satunya sumber pengetahuan. Secara khusus, Moodle dapat diterapkan diberbagai mata pelajaran tanpa terkecuali IPS. Sebagaimana hasil penelitian Saritepeci, M., & Cakir, H. (2015) ditemukan bahwa integrasi Moodle dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan partisipasi peserta didik serta menjadikan pembelajaran lebih menarik. Hal ini dikarenakan Moodle mengelaborasi pembelajaran menjadi blended learning (baik synchronous maupun asynchronous). Penelitian ini bertujuan; 1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis flipbook maker sebagai bagian dari teknologi pada blended learning pembelajaran IPS, dan 2) Menjelaskan efektivitas bahan ajar berbasis flipbook maker sebagai bagian dari teknologi pada blended learning pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian model pengembangan Borg dan Gall (2003). Hasil penelitian mendeskripsikan Penggunaan flipbook maker dalam mata pelajaran IPS melibatkan perencanaan materi, visualisasi yang kuat, aktivitas interaktif, dan pemikiran kritis terhadap sumber. Guru perlu merencanakan dan menyusun materi yang sesuai dengan kurikulum, mengintegrasikan visualisasi seperti gambar dan video, serta mengajak siswa berpartisipasi melalui tugas analitis. Siswa juga diajarkan untuk mengevaluasi sumber informasi dengan kritis. Dengan pendekatan ini, flipbook maker dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dalam membangun pemahaman konsep IPS dan kemampuan berpikir kritis siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES en_US
dc.title Teknologi Dalam Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.title.alternative Teknologi Dalam Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account