dc.contributor.author |
Noorhapizah, Noorhapizah |
|
dc.contributor.author |
Alim, Nur |
|
dc.contributor.author |
Agusta, Akhmad Riandy |
|
dc.contributor.author |
Ahmad Fauzi, Zain |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-19T10:00:11Z |
|
dc.date.available |
2023-05-19T10:00:11Z |
|
dc.date.issued |
2019 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/31377 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui keterampilan membaca pemahaman menggunakan kombinasi model DIA, TPS dan Scramble dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru terlaksana dengan sangat baik. (2) Aktivitas siswa secara klasikal mendapatkan kriteria “hampir seluruh siswa sangat aktif”. (3) Kemampuan berpikir kritis siswa berhasil meningkat hingga mendapatkan persentase klasikal 90% dengan kriteria “hampir seluruh siswa sangat kritis”. (4) Hasil belajar siswa secara individu semua tuntas sehingga mendapatkan persentase klasikal 100%. |
en_US |
dc.language.iso |
tr |
en_US |
dc.publisher |
Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Berpikir Kritis |
en_US |
dc.subject |
Membaca Pemahaman |
en_US |
dc.subject |
Directed Inquiry Activity |
en_US |
dc.title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN INFORMASI PENTING DENGAN KOMBINASI MODEL DIRECTED INQUIRY ACTIVITY (DIA), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 7 BANJARMASIN |
en_US |