dc.contributor.author |
Dekayanti, Tri |
|
dc.contributor.author |
Febrianty, Irma |
|
dc.contributor.author |
Annisa, Mira |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-18T06:48:48Z |
|
dc.date.available |
2023-05-18T06:48:48Z |
|
dc.date.issued |
2022-12 |
|
dc.identifier.issn |
2541-1187 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/31242 |
|
dc.description |
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan
POKDAKAN Melati layak dan menguntungkan untuk dikembangkan dengan hasil
keuntungan rata-rata per bulan nya sebesar Rp. 5.309.863,2 dalam kurun waktu
pengembalian 0,46 tahun atau 5 bulan 16 hari, dengan jumlah NPV 7% sebesar Rp.
418.052.002 , Net BCR 7% sebesar 1,35 % dan nilai IRR 136,74% sedangkan untuk
salurannya pemasaran didapatkan 2 saluran pemasaran yaitu saluran semi langsung dan
saluran tidak langsung dengan jumlah analisis Farmer Share 78% yang mana dapat dikatakan
efisien. |
en_US |
dc.description.abstract |
Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan merupakan desa yang memiliki banyak pontensi
dibidang perikanan khusus nya pada media Karamba Jaring Apung dengan komoditi Ikan
Nila yang biasa digunakan masyarakat, usaha pembudidaya ikan ini merupakan sumber
penghasilan yang ada di desa tersebut dengan memanfaatkan sungai yang membentang
disekitaran desa sungai alang. Permasalahan yang terjadi pada Kelompok Pembudidaya Ikan
Melati adalah kematian ikan yang mengakibatkan banyaknya kerugian yang dialami dan
permasalahan akses pemasaran ikan untuk luar daerah Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian
ini ialah menganalisis kelayakan usaha dan menganalisis pemasaran pembesaran ikan nila
pada POKDAKAN Melati Karamba Jaring Apung Desa Sungai Alang. Metode dalam
penelitian ini ialah Primer, Sekunder, Wawancara, Observasi, Snowball Sampling, dan
Dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan
POKDAKAN Melati layak dan menguntungkan untuk dikembangkan dengan hasil
keuntungan rata-rata per bulan nya sebesar Rp. 5.309.863,2 dalam kurun waktu
pengembalian 0,46 tahun atau 5 bulan 16 hari, dengan jumlah NPV 7% sebesar Rp.
418.052.002 , Net BCR 7% sebesar 1,35 % dan nilai IRR 136,74% sedangkan untuk
salurannya pemasaran didapatkan 2 saluran pemasaran yaitu saluran semi langsung dan
saluran tidak langsung dengan jumlah analisis Farmer Share 78% yang mana dapat dikatakan
efisien. |
en_US |
dc.publisher |
Fish Scientiae |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
12;2 |
|
dc.subject |
POKDAKAN |
en_US |
dc.subject |
JARING APUNG |
en_US |
dc.title |
ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN IKAN NILA STUDI KASUS DI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) MELATI KARAMBA JARING APUNG DESA SUNGAI ALANG KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |