Repo Dosen ULM

ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN IKAN NILA STUDI KASUS DI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) MELATI KARAMBA JARING APUNG DESA SUNGAI ALANG KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.author Dekayanti, Tri
dc.contributor.author Febrianty, Irma
dc.contributor.author Annisa, Mira
dc.date.accessioned 2023-05-18T06:48:48Z
dc.date.available 2023-05-18T06:48:48Z
dc.date.issued 2022-12
dc.identifier.issn 2541-1187
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/31242
dc.description Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan POKDAKAN Melati layak dan menguntungkan untuk dikembangkan dengan hasil keuntungan rata-rata per bulan nya sebesar Rp. 5.309.863,2 dalam kurun waktu pengembalian 0,46 tahun atau 5 bulan 16 hari, dengan jumlah NPV 7% sebesar Rp. 418.052.002 , Net BCR 7% sebesar 1,35 % dan nilai IRR 136,74% sedangkan untuk salurannya pemasaran didapatkan 2 saluran pemasaran yaitu saluran semi langsung dan saluran tidak langsung dengan jumlah analisis Farmer Share 78% yang mana dapat dikatakan efisien. en_US
dc.description.abstract Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan merupakan desa yang memiliki banyak pontensi dibidang perikanan khusus nya pada media Karamba Jaring Apung dengan komoditi Ikan Nila yang biasa digunakan masyarakat, usaha pembudidaya ikan ini merupakan sumber penghasilan yang ada di desa tersebut dengan memanfaatkan sungai yang membentang disekitaran desa sungai alang. Permasalahan yang terjadi pada Kelompok Pembudidaya Ikan Melati adalah kematian ikan yang mengakibatkan banyaknya kerugian yang dialami dan permasalahan akses pemasaran ikan untuk luar daerah Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kelayakan usaha dan menganalisis pemasaran pembesaran ikan nila pada POKDAKAN Melati Karamba Jaring Apung Desa Sungai Alang. Metode dalam penelitian ini ialah Primer, Sekunder, Wawancara, Observasi, Snowball Sampling, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan POKDAKAN Melati layak dan menguntungkan untuk dikembangkan dengan hasil keuntungan rata-rata per bulan nya sebesar Rp. 5.309.863,2 dalam kurun waktu pengembalian 0,46 tahun atau 5 bulan 16 hari, dengan jumlah NPV 7% sebesar Rp. 418.052.002 , Net BCR 7% sebesar 1,35 % dan nilai IRR 136,74% sedangkan untuk salurannya pemasaran didapatkan 2 saluran pemasaran yaitu saluran semi langsung dan saluran tidak langsung dengan jumlah analisis Farmer Share 78% yang mana dapat dikatakan efisien. en_US
dc.publisher Fish Scientiae en_US
dc.relation.ispartofseries 12;2
dc.subject POKDAKAN en_US
dc.subject JARING APUNG en_US
dc.title ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN IKAN NILA STUDI KASUS DI KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) MELATI KARAMBA JARING APUNG DESA SUNGAI ALANG KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account