Repo Dosen ULM

Hasil Turnitin: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA KONKRIT

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati
dc.contributor.author Sari, Nina Permata
dc.date.accessioned 2023-05-14T23:58:46Z
dc.date.available 2023-05-14T23:58:46Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.issn 2808-4551
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30871
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan anak mengelompokan benda sesuai bentuk, warna dan ukuran yang ditandai dengan sedikitnya aktivitas anak dalam menstimulus kemampuan kognitif karena kegiatan hanya terpaku pada aktivitas penggunaan pensil dan kertas, selain itu kurangnya penggunaan media pembelajaran menarik sehingga anak cepat bosan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak serta hasil pengembangan anak. Pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 3 meningkat dari 23 hingga 28. Aktivitas anak dengan kriteria sangat aktif yakni meningkat dari 33% hingga 92%. Hasil capaian kognitif di pertemuan 1 sampai pertemuan 3 meningkat dari 25% sampai dengan 92%. Dapat disimpulkan bahwa mengelompokan benda sesuai variasi warna, bentuk dan ukuran menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Exampless Non Examples dengan Media Konkrit pada kelompok B Raudhatul Athfal Sultan Suriansyah berhasil. Disarankan model ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak yang berdampak pada hasil perkembangan kognitif anak en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 2, No 1, Tahun 2022, Halaman: 1-9;
dc.subject Cognitive, Explicit Instruction, Examples Non Examples, Concrete Media en_US
dc.title Hasil Turnitin: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA KONKRIT en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account