dc.contributor.author |
Anggraini, Helda Yusfarina |
|
dc.contributor.author |
Sari, Nina Permata |
|
dc.contributor.author |
Rachman, Ali |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-14T23:56:56Z |
|
dc.date.available |
2023-05-14T23:56:56Z |
|
dc.date.issued |
2021-09-04 |
|
dc.identifier.issn |
2797-9954 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30862 |
|
dc.description.abstract |
Self Disclosure penting untuk dimiliki oleh setiap individu agar dapat dengan bebas mengekspresikan diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional, kognitif, fisik, serta spiritual dalam diri. Penggunaan teknik Art Psychotherapy dapat meningkatkan Self Disclosure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Art Psychotherapy dalam meningkatkan Self Disclosure siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan quasi experimental design. Enam siswa kelas XI Program Keahlian Seni Musik SMK Negeri 4 Banjarmasin menjadi sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Art Psychotherapy adalah treatment yang digunakan dan diberikan sebanyak empat kali pertemuan. Alat ukur menggunakan skala Self Disclosure yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Test. Hasil penelitian yang didapatkan yakni terdapat perbedaan tingkat Self Disclosure sebelum dan sesudah diberikan treatment. Secara keseluruhan, teknik Art Psychotherapy efektif untuk meningkatkan Self Disclosure pada siswa sekolah menengah kejuruan. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Buletin Konseling Inovatif |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 1, No 2 (2021); |
|
dc.subject |
art psychotherapy; self disclosure; music |
en_US |
dc.title |
Hasil Turnitin: Meningkatkan Self Disclosure Siswa Menengah Kejuruan Menuju Era Society 5.0 dengan Art Psychotherapy |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |