Repo Dosen ULM

Hasil Turnitin: Meningkatkan Self Disclosure Siswa Menengah Kejuruan Menuju Era Society 5.0 dengan Art Psychotherapy

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraini, Helda Yusfarina
dc.contributor.author Sari, Nina Permata
dc.contributor.author Rachman, Ali
dc.date.accessioned 2023-05-14T23:56:56Z
dc.date.available 2023-05-14T23:56:56Z
dc.date.issued 2021-09-04
dc.identifier.issn 2797-9954
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30862
dc.description.abstract Self Disclosure penting untuk dimiliki oleh setiap individu agar dapat dengan bebas mengekspresikan diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional, kognitif, fisik, serta spiritual dalam diri. Penggunaan teknik Art Psychotherapy dapat meningkatkan Self Disclosure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Art Psychotherapy dalam meningkatkan Self Disclosure siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan quasi experimental design. Enam siswa kelas XI Program Keahlian Seni Musik SMK Negeri 4 Banjarmasin menjadi sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Art Psychotherapy adalah treatment yang digunakan dan diberikan sebanyak empat kali pertemuan. Alat ukur menggunakan skala Self Disclosure yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Test. Hasil penelitian yang didapatkan yakni terdapat perbedaan tingkat Self Disclosure sebelum dan sesudah diberikan treatment. Secara keseluruhan, teknik Art Psychotherapy efektif untuk meningkatkan Self Disclosure pada siswa sekolah menengah kejuruan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Buletin Konseling Inovatif en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 1, No 2 (2021);
dc.subject art psychotherapy; self disclosure; music en_US
dc.title Hasil Turnitin: Meningkatkan Self Disclosure Siswa Menengah Kejuruan Menuju Era Society 5.0 dengan Art Psychotherapy en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account