Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI DAN METABOLISME SEL KELAS VII SMP/MTS

Show simple item record

dc.contributor.author Yulinda, Ratna
dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.date.accessioned 2023-05-03T01:16:07Z
dc.date.available 2023-05-03T01:16:07Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2798-9224
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30364
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline materi transformasi energi dan metabolisme sel untuk kelas VII SMP/Mts. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran interaktif articulate storyline. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tetapi, pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap uji coba kepraktisan media pembelajaran interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif articulate storyline memperoleh skor validitas ahli media sebesar 91,18% dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran interaktif juga telah diuji cobakan di tiga kelas untuk kelas pertama memperoleh skor sebesar 85,95%, kelas kedua dengan skor 86,42%, dan kelas ketiga dengan skor 87,09% dengan keterangan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif articulate storyline materi transformasi energi dan metabolisme sel dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Peneliti berkeyakinan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan dengan media pembelajaran interaktif yang dikembangakan ini peserta didik juga dapat memahami dan menguasai pembelajaran IPA terpadu materi transformasi energi dan metabolisme sel dengan lebih mudah. Peneliti juga menemukan hal baru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan kegiatan literasi digital di sekolah. en_US
dc.publisher jurnal pendidikan sains dan terapan en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 2, No. 1;89-101
dc.subject Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline. en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI DAN METABOLISME SEL KELAS VII SMP/MTS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account