dc.description.abstract |
Metode ceramah masih banyak dilakukan di sekolah yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dan merasa bosan. Siswa masih menganggap pembelajaran IPA sulit dipahami termasuk adaptasi dan seleksi alam. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media interaktif yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan agar pembelajaran menjadi menyenangkan, mudah dipahami dan tidak membosankan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian adalah 5 validator yang merupakan dosen dan guru. 33 siswa kelas IX SMPN 11 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen validasi media interkatif, lembar angket respon siswa, dan tes soal. Hasil penelitian menunjukan : (1) media interaktif termasuk valid dengan nilai rata-rata seluruh aspek 0,77, (2) Media interaktif termasuk sangat praktis, dengan uji perorang mendapatkan rata-rata seluruh aspek 91,92% dan uji kelompok kecil mendapatkan rata-rata seluruh aspek 89,55%, (3) Media interaktif dilihat dari hasil rata-rata pre-test dan post-test terjadi peningkatan sekitar 50% siswa yang berhasil mendapatkan nilai di atas 75. Dari uji N-Gain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,71. Skor N-Gain 0,71 berada dalam rentang nilai g>0,7, yang termasuk kriteria sangat efektif. Dengan demikian, media interaktif pada pokok bahasan adaptasi dan seleksi alam adalah layak digunakan dalam pembelajaran. |
en_US |