Repo Dosen ULM

Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan dan Keberlanjutan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Show simple item record

dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.contributor.author Sauqina, Sauqina
dc.date.accessioned 2023-05-03T01:12:21Z
dc.date.available 2023-05-03T01:12:21Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2807-9167
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30352
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian untuk mengimplementasi model inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap analisis penguasaan konsep dan keberlanjutan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 26 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling classroom dilihat dari rata-rata nilai kelas pada hasil ulangan akhir semester. Pengumpulan data sampel menggunakan tes soal pilihan ganda tes pre-test/post-test, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik desktiptif, uji N-Gain dan uji hipotesis statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep dengan hasil yaitu mendapatkan rata-rata sebesar 0,6%, sedangkan penguasaan konsep menggunakan model ekspositori mendapatkan rata-rata sebesar 0,5%; (2) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing keberlanjutan pemahaman konsep kelompok eksperimen pada data pretest dan posttest mendapatkan hasil total sebesar 4% dengan kriteria kurang sekali menjadi 76% dengan kriteria baik dari 300 total keberlanjutan pemahaman konsep, sedangkan keberlanjutan pemahaman konsep menggunakan model ekspositori kelompok kontrol pada data pretest dan posttest mendapatkan hasil total sebesar 12% dengan kriteria kurang sekali menjadi 21% dengan kategori kurang dari 300 total keberlanjutan pemahaman konsep; dan (3) Uji T mendapatkan hasil perhitungan T Hitung yaitu 3.14 > T Tabel yaitu 2.00 dengan taraf signifikan 0.05 maka Ha diterima. Berarti terdapat perbedaan penguasaan konsep dan keberlanjutan konsep siswa yang mengimplementasikan model inkuiri terbimbing dan model ekspositori. en_US
dc.publisher Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu) en_US
dc.relation.ispartofseries Vol 1, No. 1;Hal 15 - 27
dc.subject Keberlanjutan Konsep; Model Inkuri Terbimbing; Model Eskpositori Penguasaan Konsep en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan dan Keberlanjutan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account