Repo Dosen ULM

The Relationship between Inquiry Learning Model and Students’ Information Literacy Skills at SMP Negeri 5 Banjarmasin on Classification of Living Things

Show simple item record

dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.contributor.author Sauqina
dc.date.accessioned 2023-05-03T01:11:40Z
dc.date.available 2023-05-03T01:11:40Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.issn 2714-9803
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30350
dc.description.abstract Gerakan literasi Sekolah yang digagas oleh pemerintah memiliki tujuan salah satunya yaitu mengembangkan kemampuan literasi informasi yang diperlukan siswa agar menjadi lebih kritis dalam menerima maupun menggunakan informasi karena, seiring dengan kemajuan zaman informasi menjadi tak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil pembelajaran inkuiri dengan literasi informasi siswa di SMPN 5 Banjarmasin pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan quasi experiment yang menggunakan seluruh kelas 7 sebagai populasi dan sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) serta dilakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa selama pembelajaran berlangsung. Tahap analisis data diantaranya: 1) uji-t berpasangan untuk mendapatkan perbedaan pretest dan postest masing-masing kelas. 2) Uji-t tidak berpasangan untuk mengetahui perbedaan postest kedua kelas. 3) uji korelasi untuk mengetahui hubungan model pembelajaran inkuiri dengan keterampilan literasi informasi siswa. Adapun dari hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan skor pretest ke postest pada kelas eksperimen sebesar 36,7 dan 23,7 pada kelas kontrol serta terdapat perbedaan nilai postest kelas ekperimen sebesar 2,97 lebih besar dari kelas kontrol. Berdasarkan uji korelasi, persentase hubungan pembelajaran inkuiri dengan keterampilan literasi informasi yaitu 88,6% sehingga hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap keterampilan literasi informasi siswa. en_US
dc.publisher BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 3, Inssue 1;12-17
dc.subject Information Literacy skill Inquiry learning model Students Corrrelation en_US
dc.title The Relationship between Inquiry Learning Model and Students’ Information Literacy Skills at SMP Negeri 5 Banjarmasin on Classification of Living Things en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account