dc.contributor.author |
Annur, Syubhan |
|
dc.contributor.author |
Istyadji, Maya |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-03T01:11:06Z |
|
dc.date.available |
2023-05-03T01:11:06Z |
|
dc.date.issued |
2020 |
|
dc.identifier.issn |
2621-8755 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30349 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini berawal dari kebutuhan guru akan ketersediaan bahan ajar IPA terpadu berwawasan kearifan lokal
lahan basah untuk kelas VIII yang mengacu pada Kurikulum 2013. Pokok bahasan getaran, gelombang, dan
bunyi dalam kehidupan sehari-hari merupakan pokok bahasan IPA terpadu yang mempunyai keterkaitan dengan
kearifan lokal lahan basah. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA terpadu
berwawasan kearifan lokal lahan basah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas bahan ajar, (2) keefektifan bahan ajar, dan (3) kepraktisan bahan ajar.
Metode yang digunakan adalah metode pengembangan tipe Dick and Carey. Data diperoleh melalui lembar
validasi bahan ajar, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
validitas bahan ajar yang dikembangkan sangat valid, (2) efektivitas bahan ajar berkategori efektif, dan (3)
kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan angket respon peserta didik berkategori praktis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa bahan ajar IPA terpadu berwawasan kearifan lokal lahan
basah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di SMPN 8 Banjarmasin layak digunakan dalam
pembelajaran. |
en_US |
dc.publisher |
Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol. 3, No. 2; |
|
dc.subject |
bahan ajar, IPA, kearifan lokal, lahan basah, pembelajaran berbasis masalah |
en_US |
dc.title |
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL LAHAN BASAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMPN 8 BANJARMASIN |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |