Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN MODUL IPA SMP PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS LITERASI SAINS

Show simple item record

dc.contributor.author Istyadji, Maya
dc.contributor.author Sauqina
dc.date.accessioned 2023-05-03T01:04:54Z
dc.date.available 2023-05-03T01:04:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.issn 2685-9920
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30338
dc.description.abstract Indonesia pada tahun 2018 berdasarkan hasil PISA berada di periingkat ke-72 dari 77 negara kemampuan literasi sains. Bahan ajar menjadi salah satu indikator rendahnya kemampuan literasi sains. Berlandaskan penelitian sebelumnya, bahan ajar IPA yang ada belum memenuhi literasi sains yang seimbang. Berdasarkan data yang ada rendahnya kemampuan peserta didik dalam hal literasi sains dan komponen pada bahan ajar IPA yang ada tidak memuat literasi sains yang seimbang, khususnya pada modul. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui validitas modul IPA berbasis literasi sains. Prosedur penelitian ini dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Tessmer. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi lima tahap, yaitu Self Evaluation, Expert Review, One to one,Small Group, dan Field Test. Namun, pengembangan ini dibatasi pada tahap Expert Review. Berdasarkan hasil dari tiga validator modul mendapatkan persentase validitas 83,78% yang berarti valid, dan aspek literasi sains pada modul mendapatkan persentase validitas 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul IPA memuat aspek literasi sains valid layak untuk diuji cobakan. en_US
dc.publisher Jurnal Pahlawan en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 17, No. 02;
dc.subject modul; aspek literasi sains; sistem organisasi kehidupan en_US
dc.title PENGEMBANGAN MODUL IPA SMP PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS LITERASI SAINS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account