dc.contributor.author |
Mahdian |
|
dc.contributor.author |
Istyadji, Maya |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-03T01:04:04Z |
|
dc.date.available |
2023-05-03T01:04:04Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.issn |
2613-9782 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30335 |
|
dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian terhadap peningkatkan motivasi dan hasil
belajar peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning
yang didukung sarana e-book dengan materi hidrokarbon untuk
peserta didik kelas XI MIA. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengidentifikasi langkah-langkah yang tepat untuk memecahkan
masalah di kelas. Setelah tindakan diketahui, periksa kesesuaian
tindakan, disertai dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas
2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA
SMAN 1 Daha Barat yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian
berupa tes dan non tes. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, angket motivasi, dan tes hasil belajar. Data hasil motivasi
dikumpulkan menggunakan angket motivasi di setiap akhir siklus
dan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar di
setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi dengan
model discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar peserta didik. Setelah dilakukan tindakan yang benar disertai
peningkatan (1) motivasi dari kategori sedang pada siklus I menjadi
kategori sangat tinggi pada siklus II, (2) hasil belajar ranah sikap dari
kategori kurang baik menjadi sangat baik, (3) ranah keterampilan
peserta didik dari kategori kurang terampil menjadi terampil, (4)
ranah pengetahuan dari kategori rendah pada siklus I menjadi
kategori tinggi pada siklus II |
en_US |
dc.publisher |
JCAE (Journal of Chemistry And Education) |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol. 6, No. 1;22-30 |
|
dc.subject |
motivasi hasil belajar discovery learning e-book hidrokarbon |
en_US |
dc.title |
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA E-BOOK PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |