dc.contributor.author |
Istyadji, Maya |
|
dc.contributor.author |
Hafizah, Ellyna |
|
dc.date.accessioned |
2023-05-03T01:02:10Z |
|
dc.date.available |
2023-05-03T01:02:10Z |
|
dc.date.issued |
2020 |
|
dc.identifier.issn |
2614-7149 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30330 |
|
dc.description.abstract |
Literasi sains peserta didik di Indonesia berdasarkan hasil survei lembaga PISA
tahun 2018 dengan nilai sebesar 392 point yang mana termasuk ke dalam kategori
rendah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengembangan bahan ajar IPA
SMP topik klasifikasi materi dan perubahannya yang memuat 4 aspek literasi sains pada
bahan ajar serta memuat kearifan lokal masyarakat Kalimantan. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4D sampai pada tahap develop yaitu validasi oleh
lima orang ahli untuk mengetahu kevalidan modul sehingga didapatkan data pada aspek
penilaian isi, penyajian, bahasa, kegrafisan dan literasi sains dalam modul mendapat nilai
kevalidan > 0,80 dengan kategori sangan valid. Berdasarkan hasil itu modul yang
dikembangkan sudah memenuhi kriteria validitas. |
en_US |
dc.publisher |
Vidya Karya |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol. 35, No. 1; |
|
dc.subject |
IPA terpadu; Literais Sains; Kearifan Lokal; Bahan Ajar |
en_US |
dc.title |
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA SMP TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA UNTUK MENUNJANG LITERASI SAINS |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |