Repo Dosen ULM

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP dengan Metode Demonstrasi

Show simple item record

dc.contributor.author Sejati, Widodo Setio
dc.contributor.author Purba, Harja Santana
dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2023-04-30T05:49:05Z
dc.date.available 2023-04-30T05:49:05Z
dc.date.issued 2021-12-01
dc.identifier.issn 2808-1900
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/30107
dc.description.abstract Media pembelajaran interaktif berbasis web merupakan penyajian materi pembelajaran meIaIui internet yang dapat dipeIajari kapan saja dan dimana saja. Komponen yang terkandung di dalam media pembelajaran interaktif berbasis web adalah komponen muItimedia seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi yang dapat dirancang secara interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada pembelajaran klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII dengan metode demonstrasi dan mendeskripsikan kelayakan dari media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Metode yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif adalah metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek uji coba media pembelajaran sebanyak 15 orang peserta didik dan 2 orang guru SMPN 1 Gambut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis web pada pembelajaran klasifikasi materi dan perubahannya, yang dikembangkan melalui 5 tahapan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, Adobe Premiere Pro, JSON, dan Firebase. Hasil uji kevalidan oleh 2 orang pakar materi dan 2 orang pakar media diperoleh kriteria kevalidan sangat tinggi. Hasil respon pengguna yaitu, peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria praktis. Hasil belajar peserta didik diperoleh persentase ketuntasan sebesar 86,7%. Sehingga media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan dapat dikatakan Iayak karena memenuhi keriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PPJP ULM en_US
dc.subject media pembelajaran interaktif berbasis web, klasifikasi materi dan perubahannya, metode demonstrasi en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP dengan Metode Demonstrasi en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account