dc.description.abstract |
Pandemi covid-19 sekarang ini membuat guru harus menyampaikan materi secara daring dan menggunakan bahan ajar yang berkualitas agar mudah dipahami oleh siswa. Khususnya pada mata pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga. Oieh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembeiajaran interaktif berbasis web pada materi segiempat dan segitiga kelas Vll dengan metode tutorial dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi segiempat dan segitiga kelas Vll dengan metode tutorial. Peneiitian ini berjenis research and deveiopment dengan modei pengembangan ADDlE (Anaiysis, Design, Deveiopment, Impiementation, Evaiuation). Validitas materi diujikan kepada 2 ahli materi bidang Matematika dan validitas media diujikan kepada 2 ahli media bidang lImu Komputer. Kepraktisan diujikan kepada 3 guru dan 15 siswa kelas VII MTsN 8 Hulu Sungai Tengah. Uji efektifitas dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VII MTsN 8 Hulu Sungai Tengah. Data validitas dan kepraktisan dikumpulkan menggunakan angket dan ditafsirkan menggunakan rating scale. Sedangkan data keefektivitasan dikumpulkan menggunakan instrumen tes hasii beiajar. Data yang diperoieh dianaiisis secara statistik deskriptif. Hasii peneiitian menunjukkan bahwa media pembeiajaran interaktif berbasis web pada materi segiempat dan segitiga dengan metode tutorial dikembangkan menggunakan HTML, CSS, Javascript, JSON, Firebase, dan Flash dan media pembeiajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, didukung oleh fakta validitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan valid dengan kategori tinggi. Kepraktisan media pembelajaran berkategori baik dengan respon positif, dan efektifitas media pembelajaran telah efektif karena tuntas secara klasikal. |
en_US |