Repo Dosen ULM

Cek Plagiasi: Perbedaan Hasil Belajar menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Guided Discovery di Kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Liono, Annge Rani
dc.contributor.author Arifuddin, Muhammad
dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.date.accessioned 2023-04-29T00:48:11Z
dc.date.available 2023-04-29T00:48:11Z
dc.date.issued 2021-06-01
dc.identifier.issn 2338-2759
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/29969
dc.description.abstract Model pembelajaran yang digunakan di sekolah adalah model pembelajaran guided discovery namun hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan guided discovery di kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian randomized pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum sampel diambil terlebih dahulu melakukan pengujian normalitas dan homogenitas pada hasil ulangan harian. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dalam bentuk soal uraian, yaitu pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang lebih kecil dari pada taraf signifikansi  = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan guided discovery di kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Dengan demikian model guided inquiry dapat direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher PPJP ULM en_US
dc.subject Guided Discovery; Guided Inquiry; Hasil Belajar en_US
dc.title Cek Plagiasi: Perbedaan Hasil Belajar menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Guided Discovery di Kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account