Repo Dosen ULM

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA ditinjau dari aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan diaroma pada siswa kelas III A SDN 031 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian, 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian yaitu lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan media diaroma menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Pada siklus I ketuntasan aktivitas siswa 80,8%, siklus II menjadi 89,7%. Pada siklus I ketuntasan aktivitas guru 70,9%, siklus II menjadi 87,8%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (kognitif) 59%, siklus II menjadi 95%. Siklus I aspek psikomotorik 63% kategori minimal baik, siklus II meningkat menjadi 100%. Siklus I aspek afektif 27%, siklus II meningkat secara signifikan menjadi 100% kategori minimal baik. Maka penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Show simple item record

dc.contributor.author Agustina, Yeyen Atsih
dc.contributor.author Annisa, Muhsinah
dc.contributor.author Bua, Agustinus Toding
dc.date.accessioned 2023-04-19T05:44:04Z
dc.date.available 2023-04-19T05:44:04Z
dc.date.issued 2019-12-01
dc.identifier.issn 2548-5598
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28829
dc.description.abstract The aimed of this reasearch to applied complete centence method aided kokami to improve students’ science learning outcomes by grade V-A at SDN 023 in Tarakan. This research use Class Action Research. The subjects of the reaserch were 28 students consisting of 12 male students and 16 female students. This reaserch was conducted in 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The procedure of each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data obtained in this reaserch in clude students’ activity observation sheet, teacher activity sheet, cognitive aspect assessment, affective aspect, and psychomotor aspect. The finding of the reaserch is Complete centence method assisted by Kokami can improve students’ science learning outcomes by grade V-A at SDN 023 in Tarakan. The cycle I student’s learning outcomes in cognitive aspects of 50% in the cycle II increased 79%. In the cycle I, the student’s learning achievement in affective aspect 22% in the cycle II increased to 79%. Then in th e cycle I students’ learning outcomes in psychomotor aspect 32% in the cycle II increased significantly to 75%. So it can be said the reaserch has been successful and in accordance with the success indicators. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 5;No. 2
dc.subject Complete centence Method en_US
dc.subject Kokami en_US
dc.subject Science Learning Outcomes en_US
dc.title Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA ditinjau dari aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan diaroma pada siswa kelas III A SDN 031 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian, 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian yaitu lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan media diaroma menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Pada siklus I ketuntasan aktivitas siswa 80,8%, siklus II menjadi 89,7%. Pada siklus I ketuntasan aktivitas guru 70,9%, siklus II menjadi 87,8%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (kognitif) 59%, siklus II menjadi 95%. Siklus I aspek psikomotorik 63% kategori minimal baik, siklus II meningkat menjadi 100%. Siklus I aspek afektif 27%, siklus II meningkat secara signifikan menjadi 100% kategori minimal baik. Maka penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [905]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account