Repo Dosen ULM

PEMBERDAYAAN MAHASISWA DALAM PENERAPAN PRINSIP PENGELOLAAN SAMPAH MENGGUNAKAN POLA 4R

Show simple item record

dc.contributor.author Annisa, Muhsinah
dc.contributor.author Abrori, Fadhlan Muchlas
dc.contributor.author Listiani, Listiani
dc.date.accessioned 2023-04-19T05:40:11Z
dc.date.available 2023-04-19T05:40:11Z
dc.date.issued 2018-11-01
dc.identifier.issn 2301-5071
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28814
dc.description.abstract Sampah menjadi masalah yang sangat serius, terutama di daerah Tarakan. Salah satu cara untuk mengelola limbah adalah dengan memberdayakan generasi muda dalam pengelolaan sampah berbasis 4R (mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang, dan mengganti). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui jenis pra-eksperimen. Penelitian ini mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa di Departemen Sekolah Dasar Guru di Universitas Borneo Tarakan. Desain penelitian pra-eksperimen yang dilakukan adalah one gruop pretest-posttest pada pengamatan pengetahuan siswa, dan one shot case study pada pengamatan keterampilan dan sikap. Aspek pengetahuan diperoleh rata-rata sebelum aktivitas 50,625 dan rata-rata setelah aktivitas sebesar 79,13889. Pada aspek keterampilan, hasil yang diperoleh pada skala Likert 1-5 pada indikator pengurangan 4,5; menggunakan kembali 4,25; mendaur ulang 4.12; dan ganti 3.98. Aspek sikap diperoleh pada 80% dalam afektif, dan 76,5% dalam konatif. en_US
dc.publisher LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 8;No. 2
dc.subject Sampah en_US
dc.subject pengelolaan sampah berbasis 4R en_US
dc.subject pemberdayaan en_US
dc.title PEMBERDAYAAN MAHASISWA DALAM PENERAPAN PRINSIP PENGELOLAAN SAMPAH MENGGUNAKAN POLA 4R en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account