dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains serta bagaimana kualitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains ditinjau dari segi tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh pada materi benda dan sifatnya untuk kelas V SDN 010 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development desain Formative Evaluation. Hasil Penelitian terdapat 30 butir soal berupa pilihan ganda, langkah-langkah awal yaitu dilakukannya validasi oleh tim ahli dalam kategori sangat layak. Uji coba one to one dilakukan bersamaan dengan validasi ahli uji coba one to one memperoleh respon siswa sebesar 90% dalam kategori sangat efektif. Hasil analisis program SPSS 21 menunjukkan 20 butir pertanyaan dalam kategori valid, reliabilitas yaitu r11 = 0,585 > rtabel = 0,284. Hasil analisis program AnatesV4 menunjukkan tingkat kesukaran dengan kategori sukar sejumlah 1 item soal (3,3%), tingkat kesukaran soal yang berada pada kategori mudah sejumlah 1 item soal (3,3%), tingkat kesukaran soal yang berada pada kategori sangat mudah sejumlah 2 item soal (6,7%), tingkat kesukaran soal yang berada pada kategori sedang sejumlah 26 item soal (86,7%), hasil daya beda rata-rata dengan kriteria baik sejumlah 12 soal (40%), dan menghasilkan pengecoh efektif sebanyak 28 item soal (93,3%). |
en_US |