dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA integrasi
cooperative script dan keterampilan proses sains yang layak ditinjau dari uji validasi isi, konstruk,
dan bahasa serta respon siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat
pembelajaran IPA integrasi cooperative script dan keterampilan proses sains di kelas IV-A SDN 049
Tarakan. . Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model 4-D dibatasi sampai 3
tahap (3D): Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development). Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku
Ajar Siswa (BAS), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi, tes, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA integrasi cooperative script dan keterampilan
proses sains di kelas IV-A SDN 049 Tarakan sangat layak ditinjau dari hasil uji validasi isi, konstruk,
dan bahasa adalah 1) Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh rata-rata
4,33 (sangat baik), 2) Buku Ajar Siswa (BAS) memperoleh rata-rata 4,27 (sangat baik), 3) Lembar
Kerja Siswa (LKS) memperoleh rata-rata 4,34 (sangat baik). Berdasarkan hasil uji validasi isi,
konstruk, dan bahasa secara keseluruhan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memperoleh
skor rata-rata sebesar 4,31 dengan kriteria sangat baik sedangkan respon siswa memperoleh kriteria
sangat baik. |
en_US |