dc.contributor.author |
Sarah, Siti |
|
dc.contributor.author |
Zaini, Muhammad |
|
dc.contributor.author |
Arsyad, M. |
|
dc.date.accessioned |
2023-04-18T01:58:55Z |
|
dc.date.available |
2023-04-18T01:58:55Z |
|
dc.date.issued |
2019-04 |
|
dc.identifier.issn |
2623-1980 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28737 |
|
dc.description.abstract |
Pembelajaran berbasis inkuiri adalah salah satu cara memperoleh informasi melalui penulusuran untuk memecahkan masalah. Pembelajaran berbasis inkuiri bisa meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian bertujuan (1) Menguji pengaruh Pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif produk (2) Menguji pengaruh Pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif proses siswa. Metode yang digunakan untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif produk dan proses siswa adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian kelas eksperimen adalah X MIA 1; X MIA 3 dan kelas control yakni X MIA 2. Analisis data memakai analisis kovarian, data yang dianalisis adalah data kelas eksperimen dan kontrol yang diurutkan untuk menguji hasil belajar kognitif. Hasil penelitian membuktikan (1) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif produk (R-square = 0,38; Pr>F = 0,0001) (2) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif/pengetahuan proses (R-square = 0,42; Pr>F = 0,0001). |
en_US |
dc.publisher |
LPPM Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
4;3 |
|
dc.subject |
inkuiri, hasil belajar, kognitif produk, kognitif proses |
en_US |
dc.title |
HASIL BELAJAR SISWA SMAN 9 BANJARMASIN PADA KONSEP PROTISTA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |