Repo Dosen ULM

Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Inkuiri

Show simple item record

dc.contributor.author Arsyad, M.
dc.date.accessioned 2023-04-18T01:52:17Z
dc.date.available 2023-04-18T01:52:17Z
dc.date.issued 2017-01
dc.identifier.isbn 978-602-73229-0-4
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28729
dc.description.abstract Pembelajaran Konsep Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Sungai Tabuk masih menggunakan konseptual. Hal ini menyebabkan siswa kurang terlatih dalam berpikir dan kurang terbiasa dalam kegiatan ilmiah. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Tabuk tahun ajaran 2016/2017. Penelitian tentang hasil belajar kognitif produk, hasil belajar proses serta keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Sungai Tabuk pada pembelajaran konsep sistem peredaran darah menggunkan model inkuiri telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap; hasil belajar kognitif produk, kognitif proses dan mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah ekspermen semu dan deskriptif. Sampel diambil sebanyak tiga kelas dari 3 kelas XI IPA yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penggunaan model pembelajaran inkuiri efektif terhadap hasil belajar kognitif produk. Hasil belajar kognitif produk menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas perlakuan dan kelas kontrol (F = 42.95; P = <.0001) dengan sumbangan efektif sebesar 50%. (2) Penggunaan model inkuiri efektif terhadap hasil belajar kognitif proses. Hasil belajar kognitif proses menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa kelas perlakuan dan kelas kontrol (F = 94.84; P = <.0001) dengan sumbangan efektif sebesar 69%. (3) Keterampilan berpikir kritis siswa keseluruhan pembelajaran menunjukkan kategori baik. Kata kunci: hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, model inkuiri en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Model Inkuiri en_US
dc.title Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Inkuiri en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account