Repo Dosen ULM

Pelaksanaan Identifikasi Potensi Siswa SMP Negeri 11 Banjarbaru

Show simple item record

dc.contributor.author Sugianto, Akhmad
dc.date.accessioned 2023-04-17T03:06:22Z
dc.date.available 2023-04-17T03:06:22Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28678
dc.description.abstract Penulusuran terhadap kemampuan intelegensi merupakan salah satu bagian dari upaya pemahan diri siswa terhadap kemampuan belajar. Pemahman Siswa terhadap kemampuan yang dimiliki akan berdampak kepada kemapuan akademik siswa tersebut hal ini akan berkaitan dengan adanya listas belajar yang akan dilakukan siswa dalam kurikulum merdeka belajar. Oleh karena itu, penelusuran intelegensi perlu dikenalkan sejak dini, bertahap dan berkesinambungan melalui bimbingan dan konseling agar peserta didik tidak mengalami hambatan dan kesulitan dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar dan kelanjutan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan. Program pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan identifikasi potensi siswa di SMP Negeri 11 Banjarbaru dengan focus kajian terhadap intelegensi. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk membantu konselor sekolah dalam melakukan need assessment kemampuan akademik bagi siswa di sekolah sesuai dengan intelegensi siswa. Target atau sasaran khusus dari pelaksanaan psikotes peminatan adalah siswasiswi di sekolah tersebut yang berjumlah 56 orang siswa-siswi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode administrasi buku tes dengan menggunakan strategi layanan klasikal. Kegiatan ini direncanakan dilakukan dalam beberapa pertemuan pada bulan oktober 2022. Secara umum proses pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam layanan klasikal untuk siswa-siswi diawali pertemuan dengan konselor disekolah. Dalam pertemuan awal tersebut, tim pengusul memaparkan beberapa hal, yaitu menyampaikan secara singkat maksud dan tujuan mengenai rencana pelaksanaan, menanyakan kesediaan kelompok secara penuh untuk mengikuti kegiatan layanan klasikal dari awal sampai akhir kegiatan. Untuk selanjutnya dilaksanakan strategi layanan klasikal. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan didapatkan bahwa siswa-siswi yang memiliki kemmapuan intelegensi pada kategori di bawah rata-rata yaitu 18 orang siswa-siswi dengan persentasi 32%. Siswa-siswi yang berada pada kategori borderline sebanyak 2 orang dengan persentasi 4%. Siswa-siswi yang berada pada kategori rata-rata sebanyak 35 orang dengan persentasi 63%. Intelegensi siswa-siswi yang berada pada kategori superior sebanyak 1 orang siswa dengan persentasi 2%. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher LPPM ULM en_US
dc.subject Identifikasi en_US
dc.subject potensi en_US
dc.title Pelaksanaan Identifikasi Potensi Siswa SMP Negeri 11 Banjarbaru en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account