Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara
pola asuh demokratis dengan perilaku prososial, kecerdasan emosional dengan
perilaku prososial, serta pola asuh demokratis dan kecerdasan secara bersamasama dengan perilaku prososial pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan jenis korelasi.
Jumlah populasi penelitian adalah 250 orang dengan sampel 75 siswa SMA
Negeri 11 Banjarmasin yang berada pada rentang usia remaja tengah (15-17
tahun). Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis
peneitian menggunakan analisis regresi untuk menganalisis hubungan masingmasing variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y, serta hubungan variabel X1 dan
X2 dengan Y secara bersama-sama. Hasil analisis regresi menggunakan SPSS
versi 17.0 menunjukan nilai koefisien F = 18,581 > F tabel = 3,314 dan nilai R =
0,609, yang artinya terdapat hubungan dengan kategori kuat antara pola asuh
demokratis dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan perilaku
prososial pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Sumbangan efektif
kedua variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukan dari nilai R2 = 0,371
yang artinya variabel pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional secara
bersama-sama memberikan peranan sebesar 37,1% terhadap perilaku prososial