dc.contributor.author |
Ghofur, Abdul |
|
dc.date.accessioned |
2023-04-14T03:31:48Z |
|
dc.date.available |
2023-04-14T03:31:48Z |
|
dc.date.issued |
2021 |
|
dc.identifier.citation |
https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/rot/article/view/3465 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2745-6331 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28431 |
|
dc.description.abstract |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin terbaik dari perubahan angel separasi lobe pada camshaft, dan mengetahui diagram timing katup dari setiap modifikasi camshaft. Penelitian dilakukan dengan mengubah profil poros bubungan untuk menghasilkan waktu katup dan sudut preparasi lobus yang berbeda, kemudian dilakukan pengujian menggunakan dynotest untuk mendapatkan performa mesin Jupiter z1. Hasil penelitian menggunakan dynotest untuk mengetahui performa mesin, dari hasil pengujian mendapatkan hasil tertinggi dari setiap profil camshaft yaitu pada tenaga LSA 103.25 o (standar) sebesar 9.035 Hp dan torsi 8.093 Nm, pada tenaga LSA 105.5 o Dengan tenaga 9.162 Hp dan torsi 9.062 Nm, LSA 102.5 obertenaga 9.036 Hp dan torsinya 8.949 Nm. Pengaruh LSA pada camshaft standar dan modifikasinya yaitu pada camshaft dengan LSA 105.5 o tenaga bertambah 1,3% dan torsi bertambah 10.7% sedangkan tenaga LSA 102.5 o bertambah 0.01% dan torsi bertambah 9,5 %. Sehingga performa terbaik didapatkan pada camshaft dengan LSA 105.5 o . |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Rotary Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.subject |
Camshaft; Diagram Pengaturan Waktu Katup; Torsi; Daya; Kinerja |
en_US |
dc.title |
PENGARUH LSA (LOBE SEPARATION ANGEL) PADA CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MESIN JUPITER Z1 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |