Repo Dosen ULM

PENGARUH LSA (LOBE SEPARATION ANGEL) PADA CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MESIN JUPITER Z1

Show simple item record

dc.contributor.author Ghofur, Abdul
dc.date.accessioned 2023-04-14T03:29:36Z
dc.date.available 2023-04-14T03:29:36Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.citation https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/rot/article/view/3465 en_US
dc.identifier.issn 2745-6331
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28413
dc.description.abstract ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin terbaik dari perubahan angel separasi lobe pada camshaft, dan mengetahui diagram timing katup dari setiap modifikasi camshaft. Penelitian dilakukan dengan mengubah profil poros bubungan untuk menghasilkan waktu katup dan sudut preparasi lobus yang berbeda, kemudian dilakukan pengujian menggunakan dynotest untuk mendapatkan performa mesin Jupiter z1. Hasil penelitian menggunakan dynotest untuk mengetahui performa mesin, dari hasil pengujian mendapatkan hasil tertinggi dari setiap profil camshaft yaitu pada tenaga LSA 103.25o (standar) sebesar 9.035 Hp dan torsi 8.093 Nm, pada tenaga LSA 105.5o Dengan tenaga 9.162 Hp dan torsi 9.062 Nm, LSA 102.5o bertenaga 9.036 Hp dan torsinya 8.949 Nm. Pengaruh LSA pada camshaft standar dan modifikasinya yaitu pada camshaft dengan LSA 105.5o tenaga bertambah 1,3% dan torsi bertambah 10.7% sedangkan tenaga LSA 102.5o bertambah 0.01% dan torsi bertambah 9,5 %. Sehingga performa terbaik didapatkan pada camshaft dengan LSA 105.5o en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Rotary Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Camshaft; Valve Timing Diagram; Torsi; Daya; Kinerja en_US
dc.title PENGARUH LSA (LOBE SEPARATION ANGEL) PADA CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MESIN JUPITER Z1 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account