dc.contributor.author |
Ghofur, Abdul |
|
dc.date.accessioned |
2023-04-14T03:29:32Z |
|
dc.date.available |
2023-04-14T03:29:32Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.citation |
https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/rot/article/view/6534 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2745-6331 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28412 |
|
dc.description.abstract |
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan arang kayu alaban dengan aditif tembaga sebagai catalytic converter terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar dengan variasi diameter lubang dan rpm. Metode penelitian ini menggunakan gas analyzer dan melihat konsumsi bahan bakar dengan variasi rpm mulai dari idle, 1500, 2500 dan 3500 pada mobil Toyota Kijang 5K. Proses pembuatan benda uji dengan variasi aditif 1 gram dan tanpa aditif dan variasi diameter lubang sebesar 15 mm dan 25 mm. Hasil penelitian menunjukkan emisi CO2 tertinggi adalah 12,07 % pada penggunaan catalytic converter diameter lubang 15 mm dengan aditif. Nilai emisi CO terendah adalah 0,16 % saat menggunakan catalytic converter berdiameter lubang 25 mm tanpa aditif. Nilai emisi HC terendah adalah 37 ppm ketika menggunakan catalytic converter diameter lubang 25 mm dengan aditif. Nilai O2 terendah adalah 15,25% pada penggunaan catalytic converter diameter lubang 25 mm dengan aditif. Untuk konsumsi bahan bakar penurunan terbesar adalah 13,33% saat menggunakan catalytic converter diameter lubang 15 mm. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Rotary Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.subject |
Konverter Katalitik; Emisi Gas Buang; Konsumsi Bahan Bakar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENGGUNAAN ARANG KAYU ALABAN DENGAN ADITIF TEMBAGA (Cu) SEBAGAI CATALYTIC CONVERTER TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TOYOTA KIJANG 5K |
en_US |
dc.title.alternative |
THE EFFECT OF THE USE OF ALABAN WOOD CHARCOAL WITH COPPER (Cu) ADDITIVES AS A CATALYTIC CONVERTER ON EXHAUST GAS EMISSIONS AND FUEL CONSUMPTION IN TOYOTA KIJANG ENGINE 5K |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |