dc.contributor.author |
Adriani |
|
dc.contributor.author |
Barkiah, Ida |
|
dc.contributor.author |
Yuliana, Candra |
|
dc.contributor.author |
Sofia, Elma |
|
dc.date.accessioned |
2023-04-09T23:00:07Z |
|
dc.date.available |
2023-04-09T23:00:07Z |
|
dc.date.issued |
2023-01 |
|
dc.identifier.issn |
2620-3235 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/28057 |
|
dc.description.abstract |
Pada jalan lintas batas negara provinsi Kalimantan Barat terutama pada segmen 2, terjadi kerusakan jalan, sehingga perlu segera diatasi untuk melancarkan arus lalu lintas. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan bantuan berupa pengujian geolistrik di lokasi ini, mendeteksi awal penyebab kerusakan serta menentukan solusi penyelesaiannya. Prinsip kerja dari Metoda Geolistrik ini adalah arus listrik diinjeksikan ke dalam bumi melalui dua buah elektoda arus. Beda potensial yang terjadi diukur melalui dua buah elektroda potensial. Dari hasil pengukuran arus dan beda potensial untuk setiap jarak elektroda tertentu, dapat ditentukan variasi harga tahanan jenis masing-masing lapisan di bawah titik ukur. Penyebab terjadinya tanah menyebul dan boiling karena adanya tekanan air keatas sebesar 9 m dimana kondisi ini mencapai kritis terjadinya boiling. Untuk mengatasi terjadinya kerusakan badan jalan akibat tekanan air keatas maka perlu dicegat aliran air bertekanan sebelum badan jalan dengan subdrained menggunakan pipa paralon diameter 8ʺ dengan kedalaman 1,5 m dari muka tanah eksistin |
en_US |
dc.publisher |
LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang |
en_US |
dc.subject |
kerusakan jalan, pengujian geolistik, subdrained |
en_US |
dc.title |
Penyebab Kerusakan Jalan dengan Pengukuran Geolistrik di Provinsi Kalimantan Barat |
en_US |