Repo Dosen ULM

Implementasi Canva untuk Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif bagi MGMP Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, DELSIKA PRAMATA
dc.date.accessioned 2023-04-06T01:11:23Z
dc.date.available 2023-04-06T01:11:23Z
dc.date.issued 2022-12-30
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27937
dc.description.abstract Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah melatih kemampuan guru MGMP Matematika untuk mengimplementasikan Canva dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Program ini dilaksanakan secara tatap muka. Target program ini adalah 21 guru anggota MGMP Matematika SMA Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pelaksanaan pelatihan pada 18 Mei 2022 di SMA Negeri 8 Barabai. Kegiatan ini menghasilkan modul Canva yang digunakan oleh peserta selama kegiatan pelatihan. Pelaksanaan program PkM ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, antara lain (1) tahap persiapan: melakukan sosialisasi dan pendataan peserta pelatihan, menyiapkan modul dan administrasi di lokasi kegiatan PkM ini, (2) tahap pelaksanaan pelatihan: dengan metode demonstrasi, praktik, diskus dan tanya jawab, (3) tahap akhir: dengan pelaporan kegiatan dan publikasi karya ilmiah. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Berdasarkan hasil perolehan data dan hasil projek yang telah dikerjakan peserta, menunjukkan bahwa Canva mudah untuk digunakan dan 73,3% peserta berencana untuk menerapkan aplikasi Canva untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif di kelasnya. Dengan demikian, kegiatan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas guru dalam mengembangkan media ajar untuk peningkatan efektivitas dan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Canva; Implementasi; Media ajar Interaktif. en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Statistics, computer and systems science en_US
dc.title Implementasi Canva untuk Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif bagi MGMP Matematika en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account