Repo Dosen ULM

STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0

Show simple item record

dc.contributor.author SUYIDNO, SUYIDNO
dc.date.accessioned 2023-04-06T00:21:51Z
dc.date.available 2023-04-06T00:21:51Z
dc.date.issued 2022-12-19
dc.identifier.issn 2549-886X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27920
dc.description.abstract Di era industri 4.0; literasi STEM berperan penting dalam inovasi sains dan produk teknologi, namun literasi tersebut kurang dilatih di sekolah. Oleh karena itu, artikel ini akan menganalisis kelayakan STEM-Problem Based Learning (STEM-PBL) dalam meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba pada 23 siswa kelas X SMA di Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu beraktivitas STEM-PBL pada setiap pertemuan dengan baik dan memberikan respons positif terhadap aktivitas tersebut. Selain itu, peningkatan literasi sains siswa dalam kriteria tinggi (26%) dan sedang (61%). Meskipun ada 13% siswa dalam kriteria rendah, namun secara keseluruhan mengalami peningkatan literasi sainsnya. Demikian, STEMPBL termasuk layak digunakan untuk memaksimalkan literasi sains siswa di era industri 4.0. Kata kunci: Literasi sains, problem based learning, STEM en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education en_US
dc.title STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4.0 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account