Repo Dosen ULM

Program “PELIKAN” sebagai Upaya Memberikan Pemahaman Perbedaan Individual dan Implikasinya dalam Praktek Pendidikan Kelas Siswa SMA

Show simple item record

dc.contributor.author MAYANGSARI, MARINA DWI
dc.date.accessioned 2023-04-05T01:48:38Z
dc.date.available 2023-04-05T01:48:38Z
dc.date.issued 2022-06-01
dc.identifier.issn 2714-5239
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27791
dc.description.abstract Belajar setiap orang dapat dilakukan dengan cara berbeda. Ada belajar dengan cara melihat, menemukan dan juga meniru. Karena melalui belajar seseorang akan mengalami pertumbuhan dan perubahan dalam dirinya baik secara psikis maupun fisik. Para guru seringkali tidak menyadari dan tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat dan efisien untuk menerapkan pembelajaran di kelas agar bisa diterima dengan baik oleh siswa. Para guru cenderung menyamakan semua siswa-siswinya dalam kegiatan belajar mengajar yang tentu saja akan berdampak pada beberapa siswa yang tidak akan bisa menerima pelajaran dengan baik karena gaya belajar yang diterapkan tidak sesuai dengan dirinya. Tujuan dari program ini yaitu memberikan pemahaman mengenai perbedaan gaya belajar pada siswa dan membantu memberikan pemahaman kepada guru bagaimana mengenali tipe-tipe siswa selama pembelajaran berlangsung. Metode dari program ini yaitu psikoedukasi berupa seminar online dengan penyampaian materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab di akhir sesi penyampaian materi. Kegiatan dilakukan pada 62 siswa-siswi SMA di Kota Martapura. Para siswa-siswi SMA tersebut menyadari dan mengetahui gaya belajar serta suasana belajar yang sesuai dengan kepribadian dan tempramen masing-masing. Mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini untuk mendapatkan kualitas belajar yang menyenangkan. Proses belajar yang menyenangkan tentu saja akan membawa siswa-siswi menuju prestasi belajar yang mereka inginkan. Kata Kunci: belajar; perbedaan individual; gaya belajar en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Research Subject Categories::MEDICINE::Physiology and pharmacology::Physiology en_US
dc.title Program “PELIKAN” sebagai Upaya Memberikan Pemahaman Perbedaan Individual dan Implikasinya dalam Praktek Pendidikan Kelas Siswa SMA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account