dc.contributor.author |
MAYANGSARI, MARINA DWI |
|
dc.date.accessioned |
2023-04-05T01:48:38Z |
|
dc.date.available |
2023-04-05T01:48:38Z |
|
dc.date.issued |
2022-06-01 |
|
dc.identifier.issn |
2714-5239 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/27791 |
|
dc.description.abstract |
Belajar setiap orang dapat dilakukan dengan cara berbeda. Ada belajar dengan cara melihat, menemukan dan
juga meniru. Karena melalui belajar seseorang akan mengalami pertumbuhan dan perubahan dalam dirinya baik
secara psikis maupun fisik. Para guru seringkali tidak menyadari dan tidak mengetahui bagaimana cara yang
tepat dan efisien untuk menerapkan pembelajaran di kelas agar bisa diterima dengan baik oleh siswa. Para guru
cenderung menyamakan semua siswa-siswinya dalam kegiatan belajar mengajar yang tentu saja akan
berdampak pada beberapa siswa yang tidak akan bisa menerima pelajaran dengan baik karena gaya belajar yang
diterapkan tidak sesuai dengan dirinya. Tujuan dari program ini yaitu memberikan pemahaman mengenai
perbedaan gaya belajar pada siswa dan membantu memberikan pemahaman kepada guru bagaimana
mengenali tipe-tipe siswa selama pembelajaran berlangsung. Metode dari program ini yaitu psikoedukasi
berupa seminar online dengan penyampaian materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab di akhir sesi
penyampaian materi. Kegiatan dilakukan pada 62 siswa-siswi SMA di Kota Martapura. Para siswa-siswi SMA
tersebut menyadari dan mengetahui gaya belajar serta suasana belajar yang sesuai dengan kepribadian dan
tempramen masing-masing. Mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini untuk mendapatkan kualitas
belajar yang menyenangkan. Proses belajar yang menyenangkan tentu saja akan membawa siswa-siswi menuju
prestasi belajar yang mereka inginkan.
Kata Kunci: belajar; perbedaan individual; gaya belajar |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.subject |
Research Subject Categories::MEDICINE::Physiology and pharmacology::Physiology |
en_US |
dc.title |
Program “PELIKAN” sebagai Upaya Memberikan Pemahaman Perbedaan Individual dan Implikasinya dalam Praktek Pendidikan Kelas Siswa SMA |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |